Beauty Demo

Kemarin di grup kami The CHIClub ada sharing tentang Beauty Demo yang disampaikan oleh Imelda Rosa. Saya arsipkan disini, semoga bermanfaat untuk kita semua ya…

Beauty Demo vs Beauty Class

Sebelum mulai membahas tentang beauty demo, kita musti tahu dulu perbedaan antara beauty demo dan beauty class. Perbedaannya adalah:

1. Beauty demo itu ada satu MUA (make up artist) dan satu model, sedangkan peserta hanya menonton dan mendengar. Biasanya tidak dipungut biaya.

2. Beauty class itu ada satu MUA (make up artist) dengan beberapa peserta yang langsung praktek pada wajahnya sendiri-sendiri. Biasanya beauty class dipungut biaya.

Tujuan Beauty Demo

Bagi kita konsultan Oriflame, apa sih gunanya kita bikin beauty demo?

Garis besar tujuan dari beauty demo, antara lain:
– Terjadi penjualan produk. Setelah melihat produk dan demo langsung, diharapkan peserta tertarik untuk membeli produk.
– Mencari prospek. Selain penjualan produk, bisa disampaikan bahwa Oriflame juga menawarkan peluang bisnis. Sampaikan keuntungan-keuntungan dengan bergabung menjadi konsultan.

Imelda cerita sedikit pengalamannya mengadakan beauty demo pertama kali. Waktu itu Imelda hanya menjadi seller Oriflame. Kemudian dia mengajak MUA yang sekaligus uplinenya yaitu Yustina Kristanti. Dari ngobrol-ngobrol banyak dengan uplinenya tersebut, akhirnya bikin Imelda tertarik menjadi pebisnis Oriflame. Jadi, bisa bisa ditarik kesimpulan bahwa beauty demo bisa mengkonversi seorang user/seller Oriflame menjadi pebisnisnya.

Peserta Beauty Demo

Setelah tahu tujuan diadakannya beauty demo, selanjutnya kita harus menentukan target peserta.

Peserta yang akan hadir perlu ditentukan targetnya, antara lain untuk menentukan menentukan gaya riasan yang akan dipraktekkan. Misalnya target adalah ibu-ibu paruh baya, maka yang dipraktekkan adalah warna-warna tua. Sedangkan jika peserta adalah anak muda, maka warna yang dipakai adalah warna muda, misalnya ala-ala Korea gitu juga bisa.

Tempat Beauty Demo

Tempat untuk mengadakan acara beauty demo juga harus dipersiapkan yaa. Pastikan tempatnya yang nyaman dan tidak panas, agar MUA (make up artist) dan model tidak keringatan.

Tempat juga harus yang tenang, agar peserta bisa menyimak dengan baik.

Product Display

Persiapan lain yang tidak kalah pentingnya adalah product display. Untuk itu, perlu disiapkan satu meja untuk meletakkan produk-produk yang akan digunakan dan juga produk-produk tester lainnya.

Jangan lupa juga siapkan katalog dan flyer.

Oiya, pastikan bahwa produk yang dipajang adalah produk yang ada di katalog bulan berjalan ya, jangan produk yang sudah gak keluar. Atur peletakan berdasarkan fungsinya. Siapkan juga kapas, tissue, dan lain-lain.

beauty demo
Contoh produk display, maaf berantakan karena difoto setelah selesai acara.

Tentukan Model

Oya, satu lagi yang perlu dipersiapkan. Yaitu tentukan model. Sebelum mulai beauty demo, kita musti sudah mempersiapkan satu orang untuk menjadi model. Sebaiknya cari model dengan wajah yang ideal, agar MUA tidak perlu melakukan banyak koreksi dengan shading, dan lain-lain.

Tapi kalo MUA suka tantangan, gapapa sih memilih model yang mungkin banyak jerawatnya, dan lain sebagainya.

MUA Didampingi Konsultan 

Saat acara, MUA perlu didampingi oleh konsultan. Tujuannya adalah pada saat MUA mengaplikasikan produk kepada model, konsultan bertugas menjelaskan nama produk dan manfaat kepada peserta. Konsultan bisa juga sekalian menunjukkan produk di katalog.

Before dan After

Yang terakhir, ini penting banget, yaitu jangan lupa model difoto sebelum (before) dan sesudahnya (after). Agar bisa dipakai untuk promosi juga di social media. Bisa juga sebagai portofolio dari si MUA.

Tanya Jawab

Muncul pertanyaan pertama nih.. pernah sekali mengadakan beauty demo bersama crossline jaman dulu di restoran, kendalanya susah kumpulin orang banyak, bagaimana solusinya?

Imelda menjawab memang kadang kita sudah persiapan dengan baik tapi pas pelaksanaan ga sesuai rencana, gapapa yang penting kita sudah mempersiapkan sebaik mungkin. Ada tips untuk mengundang banyak orang, yaitu bisa disampaikan pada saat mengundang bahwa ada goodie bag atau door prize. Goodie bag ini perlu modal agak banyak karena dibagikan kepada semua peserta, sedangkan door prize hanya perlu beberapa saja karena hanya diberikan kepada yang bisa memenuhi challenge.

Pertanyaan kedua, untuk makeup dasar sebaiknya memakai foundation atau CC cream apa ya, mba?

Imelda menjawab, untuk pemilihan make up bisa disesuaikan dengan tema dan peserta. Misalnya tema untuk make up kondangan bisa memakai foundation, sedangkan make up harian bisa memakai CC cream. Untuk pemilihan seri disesuaikan peserta. Untuk ibu-ibu bisa memakai Giordani Gold, sedangkan untuk mahasiswa bisa menggunakan The ONE.

Demikian rangkuman sharing tentang beauty demo oleh Imelda Rosa. Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *