Cantik: Perawatan Kulit, Rambut, Kuku dan Makeup

Merawat kulit, rambut, dan kuku ditambah dengan makeup bisa membuat Anda tampil terbaik. Berikut, langkah-langkah yang disarankan para ahli.

PERAWATAN KULIT

1. Agar kulit tetap halus, gunakan air suam-suam kuku, jangan air panas ketika mandi atau membersihkan kulit dan sabun lunak atau body wash yang ditambahkan pelembab.

2. Pastikan minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi dan menjaga hidrasi kulit. Disarankan minum 8 gelas air sehari.

3. Selalu gunakan pelembab, menjaga kulit tetap lembab sangat penting untuk kehalusan kulit. Perubahan udara dan temperatur dapat mengeringkan kulit. Paling baik oleskan pelembab sesudah mandi. Oleskan pada tangan setiap kali sesudah cuci tangan jika memungkinkan.

4. Untuk melindungi kulit dari kerusakan, kenakan sarung tangan. Saat membersihkan dengan zat kimia, kenakan sarung tangan karet dan ketika keluar di musim dingin, kenakan sarung tangan untuk melindungi kulit dari udara dingin dan kering.

5. Jaga kulit kaki tetap lembut. Oleskan pelembab dulu dan lalu kenakan kaus kaki katun.

6. Gunakan pembersih yang lembut dan pelembab pada wajah setiap hari. Eksfoliasi kulit sekali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka sumbatan pori.

PERAWATAN RAMBUT

1. Jaga diet sehat. Makanan kaya protein dan vitamin membantu menjaga rambut sehat. Makan banyak sayuran hijau, buah, kedelai, dan/atau produk susu, dan makanan tinggi protein seperti telur, daging tak berlemak, dan ikan.

2. Gunakan shampoo lembut dan conditioner. Coba gunakan produk rambut yang mengandung herbal alamiah dan tidak mengandung alkohol. Gunakan shampoo dan conditioner yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda.

3. Coba lebih rileks. Stres dapat merusak rambut seperti merusak bagian tubuh lainnya. Lakukan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam atau meditasi. Selain itu, pastikan mendapatkan kecukupan tidur.

4. Pijat kulit kepala 1 sampai 3 kali seminggu tergantung jenis rambut. Salah satu cara memberikan perawatan minyk panas pada rambut di rumah adalah dengan mengoleskan minyak zaitun dan pijatkan juga ke kulit kepala secara pelan dengan ujung jari. Bungkus rambut dengan handuk, duduk, dan rileks di luar selama 20 menit. Cuci rambut dengan shampoo dan bilas dengan air hangat.

5. Sikat rambut Anda. Menyikat rambut membantu menstimulir kulit kepala, menjaga rambut sehat. Sikat secara lembut dari kulit kepala sampai ujung rambut.

PERAWATAN KUKU

1. Kunci kuku sehat adalah diet. Pastikan makan diet seimbang kaya vitamin dan nutrien-nutrien.

2. Bersihkan cat kuku lama. Basahi kapas dengan pembersih cat kuku dan tekankan pada kuku selama beberapa detik. Ini membantu melunakkan cat kuku, lalu hapus dengan kapas dari dasar sampai ujung kuku. Ulangi proses ini sampai semua cat kuku dibersihkan.

3. Gunakan emery board untuk file dan membentuk kuku. File ke satu arah. File maju mundur bisa membuat kuku terbelah.

4. Rendam tangan dalam air sabun hangat sekitar 5 menit. Sesudah itu, dengan orange stick, bersihkan kotoran dari bawah kuku.

5. Jangan dorong kutikula ke belakang atau mengguntingnya. Keberadaannya untuk mencegah infeksi.

6. Oleskan selapis base coat bening pada kuku. Tunggu sampai lapisan mengering jika ingin mengoleskan cat kuku warna. Biarkan kering dan oleskan lagi selapis cat kuku bening untuk mencegah cat kuku mengelupas.

7. Oleskan krim atau lotion pelembab pada tangan dan kuku, pijat pelan. Juga bisa mengoleskan minyak kutikula jika suka.

MAKEUP

1. Pilih makeup yang sesuai dengan warna kulit.

2. Gunakan concealer yang warnanya 1 tingkat lebih muda dari alas bedak. Totolkan concealer pada ketidaksempurnaan di wajah atu di bawah mata untuk menutupi lingkaran hitam. Baurkan dengan ujung jari atau sponge makeup.

3. Oleskan alas bedak. Totolkan pada bagian tengah wajah, baurkan dengan ujung jari atau sponge ke luar sampai menutupi seluruh wajah.

4. Oleskan bedak tabur atau bedak padat untuk membuat alas bedak tahan lebih lama.

5. Untuk mengisi alis, gunakan powder alis. Oleskan dengan kuas dan baurkan secara baik. Pilih warna yang sesuai dengan warna asli kulit Anda.

6. Gunakan 3 warna perona mata, dari muda sampai gelap. Perona mata warna gelap untuk menggarisi kelopak mata atas, garis tipis di atas bulu mata. Warna sedang untuk lipatan mata dan warna yang paling muda untuk bawah alis.

7. Buat garis mata pada garis bulu mata atas. Tepat pada garis bulu mata.

8. Oleskan maskara pada bulu mata atas.

9. Oleskan perona pipi pada tonjolan pipi atau tepat di bawahnya. Baurkan secara baik.

10. Oleskan lipstik. Buat garis bibir sesudah mengoleskan lipstik. Warna lipliner sama dengan warna lipstik dan bisa baur secara baik dengan lipstik. Oleskan gloss bening untuk kilap dan lembab.

11. Agar makeup tampak segar sepanjang hari, semprotkan air mineral ke wajah. Biarkan kering. Jangan dilap karena bisa menghapus makeup. Biarkan kering dengan sendirinya.

Sumber: Aura | 16/XVI/Agustus 2012

Photobucket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *