Gak Punya CPL, mba..

Pelaku bisnis Oriflame itu biasanya ehh seharusnya tidak pernah lepas dari katalog dan CPL (Consultant Price List). Katalog adalah etalase/tokonya para Oriflame-rs. CPL adalah daftar harga. Di dalam CPL ini tercantum harga konsultan (CP – consultant price), harga dasar sebelum kena PPn (BV – Business Volume), dan poin dari setiap produk (BP – bonus point).

Seringkali nihhh.. kalo kehilangan CPL lantas pada kebingungan gimana tahu harga konsultan dan poin atas suatu produk. Mau cek di website, ahhhh… lha koq tidak ada akses internet hehehe..

Mulai sekarang ga usah bingung-bingung ya, temen-temen.. Ga sulit koq ngitung CP dan BP tanpa pegang CPL dan akses website Oriflame. Pengin tahu rumusnya? Sederhana saja 🙂

HK CP BV BP

Keterangan dari rumus tersebut adalah :

HK = Harga Katalog, adalah harga yang tertera di dalam katalog

CP = Consultant Price, adalah harga konsultan atau harga yang kita bayarkan ke Oriflame

BV = Business Volume, arti sederhananya adalah harga pokok penjualan atau harga sebelum kena pajak 10% (PPn)

BP = Bonus Point, adalah poin dari setiap produk Oriflame

0,77 adalah selisih yang kita bayarkan ke Oriflame setelah konsultan mendapatkan diskon 23% (0,23) dari harga katalog

0,9 adalah nilai sebelum kena pajak 10% (100% – 10% = 90% = 0,9)

5800 adalah nilai 1 BP saat ini (nilai ini akan berubah sewaktu-waktu mengikuti kenaikan harga dan pasti ada pemberitahuan dari Oriflame — nilai ini selalu tercantum di CPL)

Nah, dengan rumus tersebut, kita tidak akan kesulitan mencari CP dan BP jika tidak punya CPL. Yang penting tahu harga katalog. Oiya, jika angka hasil perhitungan tidak fix, jangan takut ya, karena biasanya dibulatkan keatas atau kebawah. Tahu ‘kan ya pembulatan angka desimal?

Demikian sekilas sharing dari saya yang memang suka utak-atik angka :-D. Semoga bermanfaat !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *