Gunakan Lotion Selama Berpuasa

gunakan lotionSelama berpuasa biasanya kulit menjadi lebih kering. Kulit terasa bersisik dan kusam. Hal ini secara otomatis terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Menggunakan body lotion merupakan salah satu upaya menjaga kelembaban kulit. Namun selama menjalankan puasa, ketika sehari penuh cairan tak masuk ke dalam tubuh, kita juga membutuhkan aplikasi ekstra dan penggunaan lotion yang tepat. Ternyata, menggunakan lotion tidak cukup sekali sehabis mandi pagi. Dalam satu hari penuh, disarankan mengaplikasikan lotion beberapa kali. Bagaimana dan kapan waktu yang tepat menggunakan lotion?

Pemakaian lotion tergantung pada paparan dan aktivitas tiap orang. Mereka yang bekerja di kantor dan terkena paparan AC berjam-jam atau mereka yang beraktivitas di luar dan terkena paparan sinar matahari pasti membutuhkan frekuensi pemakaian lotion banyak dan berulang. Terlebih ketika cairan yang masuk ke tubuh kurang. Anda boleh saja memakai lotion sesering mungkin. Namun pemakaian di waktu yang tepat akan lebih memaksimalkan penyerapan ke kulit.

SESUDAH MANDI

Ketika kita mandi, air dan sabun mengikis kelembaban alami kulit. Terlebih jika kadar moisturizer sabun kurang. Untuk itu selepas mandi wajib mengoleskan lotion ke seluruh tubuh, untuk mengganti kelembaban yang hilang. Lakukan selepas mandi pagi dan sore.

SEHABIS SHALAT

Pagi sebelum pergi bekerja, Anda sudah menggunakan lotion. Siang sebelum shalat dzuhur, tentu Anda berwudlu. Lotion di tangan dan kaki otomatis tercuci saat wudlu. Artinya, kelembaban kulit kembali terkikis. Untuk itu sehabis shalat, ada baiknya kembali mengoleskan lotion pada tangan dan kaki Anda. Demikian pula selepas shalat Ashar.

BERKERINGAT

Aktivitas di siang hari secara tidak langsung juga menghilangkan kelembaban kulit. Terutama jika Anda berada di ruang ber-AC. AC sudah pasti membuat kulit kering. Sementara untuk Anda yang beraktivitas di luar dan berkeringat, keringat akan menghapus lotion. Perhatikan kulit Anda. Jika Anda merasa kulit kering, kembali oleskan lotion. Atau bersihkan keringat dan oleskan kembali lotion ke permukaan kulit. Selalu siapkan lotion di tas Anda.

SEBELUM TIDUR

Malam adalah waktu paling tepat untuk merawat kulit. Karena saat itu sel-sel kulit beristirahat dan melakukan regenerasi secara maksimal. Maka oleskan lotion sebelum tidur. Pertanyaannya, apakah lotion yang digunakan pada malam hari sama dengan pagi hari? Pasti banyak dari kita yang menggunakan lotion yang sama. Nah, untuk hasil yang maksimal, malamnya, saat sel-sel kita dalam keadaan relaks, gunakan lotion khusus malam hari atau pilih yang bersifat oily. Minyak zaitun, misalnya, salah satu pilihan untuk perawatan kulit di malam hari.

APLIKASIKAN DARI BAWAH KE ATAS

Dalam mengoleskan lotion yang benar, mulailah dari tubuh bagian bawah, yaitu dari tumit lalu naik ke kaki, paha, perut, punggung, dada, tangan, hingga berakhir di bawah dagu. Oleskan lotion dengan gerakan memutar, seraya agak menekan dengan telapak tangan, sedikit memijat. Hal ini membantu penyerapan lotion ke kulit. Untuk aplikasi ulang di siang hari, cukup gunakan pada tangan, kaki, atau leher, bagian yang terkena langsung paparan AC atau matahari.

sumber: Bintang Indonesia

Tambahan dari saya (blog owner):

Dari berbagai macam pelembab kulit, selain body lotion ada lagi yang namanya body cream dan body butter. Bagi yang kulitnya cenderung berminyak, cocok menggunakan body lotion; sedangkan bagi yang kulitnya cenderung kering, silakan menggunakan body cream. Berikut ini perbedaan dari ketiga produk tersebut:

Body lotion. Pelembap yang satu ini termasuk yang paling encer dibandingkan yang lainnya. Lotion yang baik biasanya enggak terlalu berminyak waktu dipakai di atas kulit dan menyerap dengan cepat. Body lotion cocok dipakai waktu kita butuh pelembap ringan yang bisa dipakai buat seluruh tubuh. Lotion cocok dipakai waktu udara di sekitar kita lagi panas-panasnya, soalnya kulit bakalan memproduksi minyak lebih banyak ketimbang waktu udara dingin.

Body cream. Body cream mempunyai bentuk yang lebih kental dan mengandung minyak lebih banyak dari lotion. Krim yang satu ini cocok dipakai pada bagian tubuh kita yang cenderung lebih kering dari yang lainnya, kayak lengan sama kaki. Kita yang punya kulit kering cocok memakai body cream. Krim ini juga baik dioleskan waktu cuaca dingin, pergi ke daerah kering atau seharian beraktivitas di ruangan ber-AC.

Body butter. Body butter adalah yang paling tinggi porsi minyaknya, makanya bentuk dari body butter mirip margarin atau mentega. Biasanya ada kandungan shea butter, cocoa butter atau coconut butter pada produk yang satu ini. Body butter cocok buat dioleskan ke bagian kulit yang super kering, kayak sikut, lutut dan tumit. Kita juga bisa memakainya pas malam hari, soalnya body butter bakal menempel pada kulit dan enggak akan menempel ke mana-mana.

Yukkkk… jaga selalu kelembaban kulit kita!!! Gunakan produk sesuai dengan kebutuhan kulit. Semoga bermanfaat 🙂

Author: Cantik Menarik Banyak Duit

Beauty blog milik Wiwin Pratiwanggini. Ibu 2 anak laki-laki. Tinggal di Yogyakarta. Suka membaca. Suka menulis. Suka sharing ilmu tentang kecantikan. Suka sharing ilmu bisnis produk kecantikan. Bisa dikontak lewat email wiwin_pratiw@yahoo.com | fast response lewat WA 08156850276.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *