Jalan Pintas Menuju Kulit Awet Muda Berapapun Usia Anda

Menjadi tua itu pasti, tapi tetap cantik di usia senja itu adalah pilihan. Berbagai cara dilakukan para wanita agar kulit awet muda. Bersyukurlah bagi yang sudah sadar perawatan sejak dini. Tapi bagaimana yang tidak peduli dengan perawatan kulit? Simak yuk jalan pintas menuju kulit awet muda berapapun usia Anda berikut ini.

Usia 20-an

Kulit Anda seharusnya lebih stabil ketimbang dulu ketika masih remaja. Masalah seperti minyak dan noda harusnya sudah berkurang meski jerawat pada orang dewasa saat ini meningkat dan telah lama dikaitkan dengan kadar stres yang tinggi. Bibir Anda ranum, tanpa garis-garis di sekitarnya, dan terdapat sedikit — jika memang ada — kerutan di sekitar mata. Kulit Anda berfungsi dengan baik, tapi membutuhkan perlindungan dari matahari untuk mencegah kerusakan sel yang akan muncul belakangan. Kebiasaan perawatan kulit yang baik harus dimulai dari sekarang.

Yang dapat dilakukan:

  1. Kenakan paling tidak tabir surya dengan SPF 25 tiap hari.
  2. Gunakan krim mata terpisah untuk mulai melindungi area sensitif di sekitar mata.
  3. Anda dapat ‘selamat’ dengan riasan apapun, namun ingat, penampilan terbaik Anda bisa jadi adalah penampilan yang alami menggunakan pelembab berwarna, krim mata dan pipi, serta lip gloss.

Usia 30-an

Usia tigapuluhan adalah saat ketika kulit Anda mulai kehilangan cahaya masa mudanya, karena pergantian sel lebih lambat. Rokok, alkohol, polisi, dan sinar UV, semuanya menyebabkan penuaan dini. Kini, pemaparan yang berlebihan terhadap salah satu diantaranya pada usia duapuluhan Anda akan mulai menunjukkan dampaknya dalam bentuk garis-garis halus di sekitar mata dan mulut. Kolagen dan elastin di dalam kulit mulai melemah dan kerutan mulai terbentuk sebagai garis ‘ekspresi’. Kulit secara umum terlihat lebih suram dibanding sebelumnya dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih setelah malam yang panjang atau mengalami stres.

Yang dapat dilakukan:

  1. Gunakan tabir surya dengan SPF 25 tiap hari dan pakailah topi atau berteduhlah saat berlibur.
  2. Ganti dengan pelembab yang lebih kaya.
  3. Untuk membantu mencerahkan kulit, singkirkan sel kulit mati dengan menggunakan produk yang mengandung AHA (alpha-hydroxy acid).
  4. Jangan kenakan riasan yang tebal. Pilihlah pemulas mata krim ke bubuk, pewarna Pipi dan bibir yang berminyak dan lipstik matte.
kulit awet muda
sumber: Nadia Meutia

Usia 40-an

Tingkat kecepatan pembaharuan sel-sel kulit Anda akan sangat menurun ketika Anda menginjak usia empatpuluhan. Tanda-tanda kelelahan kini akan tampak jelas pada wajah Anda dan tonjolan urat-urat akan semakin terlihat. Sirkulasi serta sistem pembuangan limfa Anda akan melambat pula yang mungkin menyebabkan pembengkakan di sekitar mata. Hormon memainkan peran terbesar di sekitar masa menopause dan jatuhnya kadar estrogen dapat membuat kulit tipis dan kering.

Yang dapat dilakukan:

  1. Gunakan tabir surya SPF 25 untuk melindungi kulit dari matahari dan mencegah terjadinya lebih banyak kerusakan sel.
  2. Manjakan diri Anda dengan facial sebulan sekali untuk menjaga kulit Anda tetap dalam kondisi baik.
  3. Gunakan krim yang mengandung Retinol untuk mengelupas dan mengurangi garis-garis halus.
  4. Hindari riasan mata dan bibir yang berwarna gelap, karena ini memperjelas garis-garis. Sebagai gantinya, pilihlah warna peach, merah jambu, dan beige serta cobalah alas bedak yang memantulkan sinar.

Usia 50-an

Jika Anda belum juga melindungi kulit Anda, kerusakan akibat matahari kini akan terlihat jelas dalam bentuk kerutan, guratan mirip laba-laba, dan noda-noda pigmentasi. Anda mungkin akan memperhatikan peningkatan ukuran pori-pori Anda yang cukup berarti — pori-pori Anda tidak bertambah besar, namun kulit di sekitarnya telah menebal sehingga pori-pori tampak lebih jelas. Tingkat estrogen yang menurun memperlambat produksi sebum dan membuat kulit lebih kering.

Yang dapat dilakukan:

  1. Menemui spesialis kulit untuk menentukan kebutuhan kulit Anda — kini yang dibutuhkan akan sangat berbeda.
  2. Mengoleskan pelembab yang kaya dan mengandung SPF 25, karena perlindungan yang berkelanjutan dari sinar matahari akan mencegah kerusakan lebih lanjut.
  3. Jika Anda memilih untuk mengurangi kerutan Botox, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman karena efek sampingnya bisa berupa mata yang menggelambir.
  4. Riasan Anda harus memperkuat kelebihan Anda secara lembut. Pilihlah alas bedak yang memantulkan sinar dan warna bibir yang pucat. Hindari pemulas mata bubuk karena jenis ini memasuki kerutan-kerutan di sekitar mata dan menonjolkannya.

Sumber: The Busy Girl’s Guide to Looking Great Fashion & Beauty

Butuh info lebih lanjut tentang produk dan peluang bisnis kecantikan?
Kontak saya di WhatsApp dengan klik disini.

 

9 thoughts on “Jalan Pintas Menuju Kulit Awet Muda Berapapun Usia Anda

  1. Aku tuh juga baru ngeh lho mbak kalau perawatan kulit itu mengikuti pertambahan usiaa ntaapss dehh aku akan mulai rutin merawat wajahku

  2. Wah cakep banget deh nemu tips ringkas untuk tampil cantik dari waktu ke waktu. Bisa nih buat bahan referensi WAG yang isinya keluarga besar dan di dalamnya ada tante dan budhe 😀

  3. wah wah wahhh, gak kerasa 1.5 tahun lagi, saya masuk usia 40 tahun mbaaaa, kulit memang makin kering, selama rajin yoga & makan bener, sebenernya skincare efeknya lebih membantu ajaaa, tapi begitu makan berantakan dan ngeyoga juga gak rutin, plus pake skincare males2an, langsunglahhh kulit kusem dan aneka permasalahan lainnya, yaaa seperti sekarang ini, wkwkkwk

  4. Jujur pas masa kuliah dulu, aku paling cuek ama yang namanya perawatan. Tapi setelah lulus, ku merasa bahwa penampilan juga penting. Minimal kelihatan fresh biar bisa selalu awet muda heheh

  5. Huaaa ini niiii… Artikelnya penting banget ya mba, kita jg harus praktekin secara usia sudah lewat dari 20 tahunan, hahahaha. Siyap lebih merawat kulit sejak sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *