Jangan Terlambat Merawat Kulit!

jangan terlambat merawat kulitMemiliki kulit kinclong merupakan dambaan setiap perempuan. Selain membuat kulit lebih indah, penampilan pun akan lebih segar dan sehat. Sayangnya, saat ini belum semua perempuan sadar akan betapa pentingnya merawat kulit. Barangkali termasuk Anda?

Perlu diingat bahwa sebagai penduduk yang hidup di daerah tropis, kulit kering jadi satu permasalahan tersendiri. Belum lagi kalau kulit tidak diurus dengan baik, maka beragam tanda-tanda penuaan akan muncul lebih dini. Jika sudah begitu, penyesalan tak ada artinya lagi.

Untuk itu, yukkkk.. kita sama-sama memperhatikan kesehatan kulit demi tampilan lebih sempurna dan awet muda. Niscaya, hal ini juga menjadi salah satu bentuk menghargai diri sendiri lho… Jangan sampai ada kata terlambat dalam merawat diri!

Satu hal lagi yang perlu diingat, bahwa tidak semua kulit akan sama penanganannya. Anda perlu mengenali jenis kulit Anda sebelum memilih jenis dan produk perawatan. Jika tidak, akan timbul banyak masalah lain yang lebih parah.

Kulit Kering

Kulit kering umumnya dialami oleh wanita yang sudah menginjak 40 tahun ke atas. Namun, karena gaya hidup zaman sekarang sudah berbeda dibandingkan dengan zaman dahulu, maka kulit kering pun sudah dialami oleh yang muda-muda.

Kulit kering biasanya disebabkan karena ada gangguan pada bagian epiderma di bagian epidermisnya. Pada area tersebut, terdapat sebuah kelenjar cairan yang fungsinya menghidrasi kulit. Jika bagian ini rusak, maka kulit akan menjadi kering dan menua.

Cara mengatasinya:
1. Gunakan pelembab sebanyak tiga kali sehari. Dalam memilih produknya, carilah yang mengandung kadar minyak lebih banyak.
2. Hindari pemakaian foundation karena di dalamnya terdapat bahan logam yang membuat kulit semakin kering.
3. Hindari kosmetik yang mengandung pewangi dengan konsentrasi alkohol lebih banyak.
4. Minum air putih sebanyak dua liter dalam sehari untuk menghidrasi kulit.
5. Jangan menggunakan produk pengelupasan kulit.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak sesungguhnya jauh lebih baik dibandingkan kulit kering. Sebab, itu tandanya kelenjar minyak kita masih berfungsi melembabkan kulit. Walau demikian, kita juga harus menjaga kadar minyak tetap dalam kondisi normal sehingga tidak berlebih.

Orang Indonesia biasanya banyak mengalami kondisi normal berminyak. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan jerawat atau komedo.

Cara mengatasinya:
1. Rutin mencuci wajah sebanyak tiga kali sehari.
2. Pilihlah bedak tabur ketimbang bedak padat, sebab bedak tabur tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
3. Pilihlah pelembab yang lebih banyak mengandung air.
4. Gunakan makeup khusus untuk kulit berminyak.
5. Bijak untuk memilih pembersih wajah. Anda harus merasakan kulit lembut (bukan kencang) seusai mencuci wajah.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering atau normal dengan kulit berminyak. Biasanya kondisi ini membutuhkan penanganan lebih ekstra. Biasanya pula kulit ini mempunyai masalah dengan komedo atau pori-pori yang melebar.

Anda bisa mengenali jenis kulit ini dengan melakukan tes pada area T-zone (dagu, hidung dan dahi). Jenis kulit ini ditandai dengan area T-zone yang berminyak dan area selain itu yang lebih kering dan lembut (setelah membersihkan wajah).

Cara mengatasinya:
1. Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung deterjen.
2. Pilihlah produk perawatan yang mengandung air atau gliserin. Baik untuk pelembab maupun kosmetik.
3. Gunakan bedak tabur.
4. Jangan terlalu sering membersihkan wajah.
5. Gunakan produk yang mengandung vitamin A pada krim malam untuk membantu kolagen meregenerasi kulitnya.

Sumber: Nova 1566/XXX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *