Kenal Lebih Dekat dengan NutriShake (1)

nutrishake 3Apa sih yang umum diketahui atau dipikirkan tentang NutriShake? Pasti akan muncul bermacam-macam jawaban, antara lain:
– NutriShake itu minuman kesehatan dari Oriflame.
– NutriShake itu bermanfaat utk menjaga stamina.
– NutriShake itu setiap bulan puasa pasti saya konsumsi.
– NutriShake itu buat penambah atau pelengkap nutrisi yang diperlukan tubuh.
– NutriShake itu bikin fit, pernah saya sahur gak minum NutriShake berasa beda, cepet banget lemasnya.
– Dan masih banyak lagi 🙂

Setiap membeli produk NutriShake kita akan mendapatkan buku panduan tentang NutriShake, tetapi biasanya orang awam agak sulit memahami. Nah… kesempatan ‘kali ini ada salah satu downline saya yang bersedia mengulik tentang NutriShake berdasarkan ilmu yang pernah dia peroleh dan dia menyampaikannya dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Aprilia Anugrah Kristanto adalah sarjana lulusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM. Ilmu yang diperolehnya dari bangku kuliah inilah yang digunakan untuk menggali dan mempelajari tentang Nutrishake lebih dalam.

Aprilia sangat senang dengan respon kami bahwa ternyata sudah banyak yang benar pemahamannya tentang NutriShake. Karena ternyata di luar sana masih banyak yang salah kaprah dan mengira Nutrishake itu minuman diet, lalu yang merasa kurus jadi takut beli karena takut tambah kurus.

NutriShake itu minuman low calorie yang cocok dikonsumsi oleh orang yang pengin diet. Tapi, NutriShake itu sendiri bukan minuman yang dirancang untuk diet. Kalo gak percaya, coba deh dicek di buku panduan produknya.

sumber: oriflamewellness.hu
sumber: oriflamewellness.hu

NutriShake diciptakan oleh seorang profesor bedah kardiotoraks sekaligus salah satu ahli resusitasi dan transplantasi jantung serta paru-paru terkemuka di dunia bernama Prof. Stig Steen di Stockholm. Profesor Stig Steen mengembangkan NutriShake setelah penelitian selama hampir 8 tahun lamanya di Igelosa Life Science Community. Semua penelitian berfokus pada pengembangan program efektif serta produk pencegahan dan perawatan penyakit akibat gaya hidup, seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

Kita semua tahu bahwa pasien dengan penyakit tertentu dan pasien pasca operasi itu butuh pengaturan gizi cukup. Gak sembarang makanan bisa dikonsumsi. Dan, setelah diselidiki lagi, ternyata “resep” NutriShake itu punya manfaat yang baik. Terutama dampak fisiologis (mempengaruhi fungsi organ tubuh). Dan dampak baik itu sangat dibutuhkan orang sehat juga. Karena itu, NutriShake diteliti dengan seksama dan sungguh-sungguh dikembangkan agar bisa bermanfaat maksimal bagi orang sehat juga. (Buku Panduan Produk Wellbeing by Oriflame, hal. 20).

sumber: Oriflame
sumber: Oriflame

Dalam buku panduan produk disebutkan bahwa NutriShake itu terbuat dari bahan baku ini nih:
1. Kacang polong
2. Apel
3. Telur
4. Susu
5. Rosehip
6. Bit
(Buku panduan produk hal. 18).

Dan bahan tambahan yang dimasukkan ke dalamnya berupa perasa vanila, stroberi dan coklat, serta sedikit gula (berupa sukralose).

Kenapa sih saya pengin sekali membahas bahan baku? Hehehe dari ilmu gizi, kalau mau tahu kualitas produknya sesuai promosi atau tidaknya, harus lihat pada komposisinya. Dan berangkat dari komposisi inilah saya menggali lebih dalam mengenai NutriShake.

Oke, penjelasan sedikit tentang bahan baku nih yaaa.. Kacang polong itu adalah sumber protein nabati, tinggi serat, mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin B1, dan vitamin B12. Apel itu sumber karbohidrat, mengandung SERAT LARUT AIR. Telur yang digunakan di Nutrishake itu merupakan telur hasil riset, jadi kandungan gizinya tidak sama dengan kandungan gizi telur yang kita temukan di pasar. Telur ayam ini berasal dari ayam yang dikasih pakan khusus (biji rami) sehingga telurnya menjadi kaya akan asam lemak Omega 3 dan Omega 6. Ini merupakan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. (Buku panduan produk,hal18). Susu itu sumber protein.

Terus apa hubungannya bagi kesehatan? Kalo saya jelaskan secara detail kandungan gizi masing-masing, bisa-bisa nanti yang baca puyeng. Jadi, saya to the point saja, langsung pada kesimpulan. Bahan-bahan tadi mengandung:
1. Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah
2. Protein dengan profil asam amino esensial lengkap
3. Asam lemak Omega 3 dan Omega 6 yang berkualitas sangat baik
4. Serat larut air
Perlu digaris bawahi bahwa keempat kandungan gizi inilah yang digadang-gadang NutriShake. Sekarang saya jelaskan satu per satu yaaa..

Karbohidrat dan Indeks Glikemik Rendah

Karbohidrat itu sebenarnya macam-macam. Dalam ilmu gizi, ada yang namanya karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana yang selalu dipermasalahkan oleh ahli NutriShake itu berupa glukosa. Glukosa ini, ketika masuk ke dalam tubuh akan beredar dalam darah. Kita menyebutnya gula darah. Seharusnya, gula darah ini yang nantinya akan dipakai untuk beraktivitas, untuk menghasilkan energi. Tapi kalo kebanyakan jumlahnya, oleh insulin langsung ditangkap dan diubah menjadi lemak, ditimbun di bawah lapisan kulit kita, makanya jadi gemuk. Sebaliknya, jika kandungan glukosa dalam darah tidak mencukupi kebutuhan energi kita, maka lemak yang disimpan itu akan diubah lagi menjadi glukosa. Nah.. sudah cukup jelas ya mengenai konsep mengubah “glukosa jadi lemak” dan “lemak jadi glukosa”. Jadi, tersangka kegemukan itu glukosa dan lemak tentunya.

Sebelum saya lanjutkan, sekedar info dulu bahwa karbohidrat sederhana itu bukan cuma glukosa. Ada 2 lagi yang lain, yaitu fruktosa dan galaktosa. Uniknya, fruktosa dan galaktosa ini tidak bisa ditangkap oleh tubuh  untuk dijadikan lemak. Ya cuma lewat gitu aja, terbuang bersama urin. Fruktosa dan galaktosa ini jauuuuuh lebih manis dari glukosa. Biasanya terdapat dalam buah. Jadi, kalau ada yg bilang “hindari buah yang terlalu manis, demi diet”, menurut saya itu kurang tepat. Manis belum tentu bikin gemuk, itu prinsipnya yaaa… Nah, kenapa saya ubek-ubek fruktosa dan galaktosa? Karena ini terdapat dalam apel. Cocok ‘kan ya… Manis, tapi tak bikin gemuk.

Sedangkan karbohidrat kompleks itu adalah karbohidrat yang tersusun dari puluhan glukosa yang bergandeng-gandeng. Kalo masuk tubuh, dia gak bisa digunakan, butuh waktu untuk memecah-mecah menjadi glukosa dulu, baru untuk energi. Tapi prosesnya lambat. Dan ini relatif aman dibandingkan glukosa, karena gak bikin lonjakan gula darah, sehingga relatif aman buat penderita diabetes. Nah, banyak sedikitnya glukosa dalam suatu bahan, maupun cepat/lambatnya karbohidrat dipecah jadi glukosa, itu yang dikenal sebagai Indeks Glikemik (GI). Makanan dengan indeks glikemik rendah itu artinya:
– kandungan glukosa rendah
– butuh waktu lama untuk dipecah
(maksudnya, kalaupun mengandung glukosa, butuh waktu lama untuk dipecah).

Makanan yang indeks glikemiknya rendah ini ‘kan gak bikin lonjakan gula darah, makanya gak ditangkap oleh insulin. Akibatnya apa? Kita gak gampang lemes, tetap berenergi walo sudah cukup lama dari jam makan kita. Daaaan….NutriShake itu indeks glikemiknya sangat rendah. Itulah alasannya kenapa setelah mengkonsumsi NutriShake kita lebih awet berenergi. Beda dengan nasi putih. Nasi putih itu indeks glikemiknya tinggi, makanya setelah makan nasi putih pun gak awet berenergi. Habis makan nasi biasanya malah ngantuk, itu karena efek lonjakan gula darah itu tadi. Terus gula darahnya ditangkep insulin, terus malah jadi lemes deh, ngantuk…

sumber: Oriflame
sumber: Oriflame

Sekali lagi, saya memang sengaja membahas dari segi ilmiah yaaa, supaya pada tahu, kalo semua yang dibilang ahli NutriShake itu sesuai dengan ilmu gizi, jadi bukan info bohong-bohongan atau tipuan 🙂

Nah, sama dengan penderita diabetes. Kalau penderita diabetes mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, ‘kan gak ada lonjakan gula darah, berarti NutriShake aman donk yaaa bagi penderita diabetes? Memang aman koq.. Jadi, kalau ada calon pembeli yang tanya “Aman atau gak buat penderita diabetes?” Kita bisa jawab gini “Aman, karena indeks glikemiknya rendah”. Nah, kalo ada yang protes “Tapi ‘kan rasanya manis, masak aman untuk penderita diabetes?” Kita jawabnya gini: “Karena gula yang dipakai itu sukralosa. Sukralosa tidak bisa terserap tubuh, tapi rasanya jauuuuuh lebih manis dari gula. Makanya ditambah sedikit aja udah manis banget…”

Oke, itu tadi pembahasan hubungan antara INDEKS GLIKEMIK dengan DIABETES, dan pembahasan hubungan INDEKS GLIKEMIK dengan AWETNYA ENERGI setelah mengkonsumsi NutriShake yaaa…

Hubungan Indeks Glikemik dengan Diet

Ternyata membahas indeks glikemik aja banyak ya… Setidaknya ada 3 hal yang terpengaruh oleh indeks glikemik. Itulah alasannya kenapa INDEKS GLIKEMIK RENDAH adalah kualitas yang paling dibanggakan oleh NutriShake..

Apa sih hubungan indeks glikemik rendah dengan diet/program ngurusin badan? Konsepnya adalah proses mengubah “glukosa jadi lemak” atau sebaliknya.

Supaya mudah dipahami, saya pake perumpamaan aja ya… Saya pake angka kecil, supaya lebih mudah dipahami. Misalnya nih ya, untuk aktivitas normal kita butuh glukosa 8 butir/menit. Kalo kita olahraga, kita butuh glukosanya 15 butir/menit. Kalo kita mengkonsumsi makanan yang indeks glikemiknya rendah, anggap saja kita memasukkan glukosa sebanyak 3 butir/menit. Nah, ketika kita mengkonsumsi makanan berindeks glikemik rendah, kebutuhan glukosa kita untuk aktivitas normal aja kurang ‘kan? Kita butuhnya 8 butir/menit, eh kita cuma masukinnya 3 butir/menit. Lalu kekurangannya yang 5 butir/menit itu gimana? Diambilkan dari cadangan lemak kita. Insulin mengubah lemak kita menjadi glukosa untuk aktivitas normal kita. Kalo gini terus caranya, lama-lama cadangan lemak kita habis donk.. Kurus deh, hehehe 🙂 Keren ‘kaaan….??? Cuma dengan rutin mengkonsumsi makanan berindeks glikemik rendah, lama-lama kita jadi kurus. Karena alasan itulah, makanya nutrishake sering “dituduh” sebagai minuman diet.. hehehe. Padahal tujuan utama pembuatannya adalah untuk mempertahankan energi dan untuk menolong penderita diabetes. Bukan untuk diet. Kalo bisa bikin kurus, ya itu efeknya aja. Karena “tersangkanya” sama, yaitu si “INDEKS GLIKEMIK RENDAH” itu tadi 🙂

Angka yang saya gunakan dalam perumpamaan itu memang bukan angka sebenarnya, tapi perbandingannya mirip dengan kenyataan lho… Jadi cukup bisa menganalogikan keadaan yang sebenarnya.

sumber: Oriflame
sumber: Oriflame

Ketika mengkonsumsi makanan berindeks glikemik rendah, lemak yang terpakai per menitnya relatif sedikit ya.. Lama donk kurusnya. Kalo gitu, imbangi dengan olahraga. Coba dilihat lagi angka yang saya tulis dalam perumpamaan tadi: Kalo kita olahraga, kita butuh glukosanya 15 butir/menit; kalo kita mengkonsumsi makanan yang indeks glikemiknya rendah, anggap saja kita memasukkan glukosa sebanyak 3 butir/menit. Berarti kalo kita berolahraga plus mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, maka jumlah lemak yang diubah menjadi glukosa menjadi lebih banyak. Ada 12 butir/menit ‘kan ya? Lebih cepet habis tuuuuuh… Lebih cepet kurus, hehehe 🙂 Itulah sebabnya, kenapa ada road map bagi yang pengin nurunin berat badan secara cepat. Di road map ‘kan kita disarankan mengkonsumsi makanan berindeks glikemik rendah dan berolahraga. Menu-menunya berindeks glikemik rendah semua itu. Nah… program penurunan berat badan dengan cara mengutak-atik glukosa/lemak/indeks glikemik itu sering dikenal dengan istilah DIET KALORI. Dan program diet yang diakui oleh ahli gizi itu cuma satu ya, yaitu diet kalori ini tadi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa program diet dengan Nutrishake itu sehat dan disetujui oleh ahli gizi.

Ini yang bikin saya (yang baru program diet) larinya ke NutriShake Oriflame dan bukan yang lain 🙂

Satu CATATAN PENTING, khusus bagi yang benar-benar berjuang pengin nurunin berat badan dan bagi PENDERITA DIABETES. Yaitu tidak boleh mencampur Nutrishake dengan bahan apapun selain air putih tawar. Kenapa? Karena bahan lain itu belum tentu bebas glukosa. Ini juga di-warning keras lho di buku panduan produk. Boleh dibaca di halaman 41: “indeks glikemik dapat meningkat jika Anda mencampurnya dengan cairan lain selain air.” Demikian peringatannya. Menjadi bahaya ‘kan untuk pasien diabetes? Dan beresiko gagal kurus bagi yang baru program diet.

Terus, koq di katalog itu ada resep-resep olahan Nutrishake ya? Disitu boleh dikasih buah tuh katanya. Ditambah susu rendah kalori juga malah.

resep-nutrishake-enak

Yup, Nutrishake memang boleh-boleh saja dikonsumsi bersama buah dan susu rendah lemak. Tapi hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang gak ngebet kurus dan oleh orang yang gak diabetes. Resep di katalog itu maksudnya gini: Daripada ngemil makanan berkalori tinggi, mending ngemil makanan olahan Nutrishake. Begituuuu. Karena low calorie dan GAK BIKIN GEMUK. Jadi jangan bilang bikin kurus yaaaa, karena itu bakal lama terjadi, hehehehe 🙂

Sekali lagi, khusus untuk penderita diabetes, lebih aman cuma pake air putih saja.

Kayaknya topik tentang indeks glikemik sudah selesai. Bahas indeks glikemik aja lama banget ya… Hehehehe, maaf yaa… karena memang banyak sekali manfaatnya. Dan, pengaruhnya buat kesehatan itu lho, banyak bangetttt. Di buku panduan aja paling banyak ngubek-ubeknya pada indeks glikemik.

Sharing tentang NutriShakenya belum selesai lho ya…  Coz disini baru ngubek-ubek tentang karbohidrat dan indeks glikemik, belum membahas tentang protein, lemak, serat, kelemahan NutriShake, dan info kenapa harga NutriShake mahal bingitz 🙂

Sesi Tanya Jawab

Q: Apakah ada fungsi fruktosa dan galaktosa untuk tubuh? Untuk apa?
A: Setahu saya fruktosa dan galaktosa itu gak bisa dipake tubuh. Tapi “memuaskan” kebutuhan lidah kita akan rasa manis.

Q: Bagaimana dengan nasi merah? Saya sudah lama mengkomsumsi beras merah organik…pecah kulit, gak disosoh seperti beras putih, jadi saat mencuci beras ini…airnya tetap bening.
A: Nasi merah itu beras merah ‘kan ya? Itu indeks glikemiknya rendah, mbak.. Saya sering dengar bahwa beras merah itu bagus untuk diet..

Q: Jadi kalo bukan penderita diabetes dan tidak sedang dalam proses diet, boleh ya dicampur ama buah dan susu lowfat gitu?
Komentar 1: Kalo aku sih, buah dimakan sendiri, susu jauh-jauh deh hehee…
Q: Karena food combining rumusnya juga gitu ya mba?
Komentar 2: Aku sama mba. Nutrishake sendiri, buah sendiri, susu ga pernah.

Q: Berapa maksimal penderita diabetes boleh mengkonsumsi Nutrishake?
J: Di buku panduan tidak disebutkan jumlah maksimal konsumsi Nutrishake bagi penderita diabetes.

Q: Apa itu sukralosa?
A: Sukralosa itu pemanis buatan. Tapi maniiiis banget, 600x lebih manis dari gula pasir.
Q: Nah, gimana tu? Berbahaya ga ya?
A: Kalau menurut teori ilmu gizi, itu relatif aman, karena dibawah standar maksimal pemakaian per hari. It’s okay mbak dikonsumsi. (Info selengkapnya silakan baca disini ya…).

To be continued…

Jika Anda belum jadi konsultan Oriflame dan ingin tahu lebih lanjut, silakan hubungi saya:
Wiwin Pratiwanggini
Call/SMS/WA: 08156852076 | BBM: 535D75E6
Note: Silakan perkenalkan diri Anda, agar saya bisa langsung mengkonfirmasi Anda.

Atau, isi saja form di bawah ini, nanti saya yang akan menghubungi Anda ☺

 

Author: Cantik Menarik Banyak Duit

Beauty blog milik Wiwin Pratiwanggini. Ibu 2 anak laki-laki. Tinggal di Yogyakarta. Suka membaca. Suka menulis. Suka sharing ilmu tentang kecantikan. Suka sharing ilmu bisnis produk kecantikan. Bisa dikontak lewat email wiwin_pratiw@yahoo.com | fast response lewat WA 08156850276.

4 thoughts on “Kenal Lebih Dekat dengan NutriShake (1)

  1. Selamat siang,

    Saya mau bertanya nutrishake apakah diperbolehkan dikonsumsi untuk penderita diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *