Kenali Tanda-tanda Penuaan

Bagi seorang wanita, khususnya saya, angka usia bertambah dan menjadi tua itu sudah pasti akan terjadi, tapi tetap awet muda dan cantik menarik banyak duit di usia tua itu pilihan. Nah, selagi masih diberi waktu ada baiknya kita mulai memikirkan dan merawat diri kita sendiri. Salah satu caranya adalah dengan kenali tanda-tanda penuaan sedini mungkin, jangan nunggu sampai usia kepala empat yaa.. Hehehe.. Alhamdulillah saya belum terlalu terlambat merawat diri, meskipun sudah di usia 30-an, bukan di usia 20-an karena waktu itu belum paham tentang pentingnya skincare 🙂

Dengan kita belajar kenal tanda-tanda penuaan dini, maka kita akan tahu apa saja yang harus dilakukan agar supaya penuaan itu tidak benar-benar terjadi dalam waktu cepat. Kita memang tidak bisa melarangnya, tapi setidaknya kita bisa mencegahnya sedini mungkin. Menjadi tua itu pasti, tapi tetap cantik di usia tua boleh donk yaa…

kenali tanda-tanda penuaan

Berikut ini informasi saya arsipkan dari Tabloid Nova yang sangat bermanfaat tentang tiga macam tanda-tanda penuaan yang sering kita temui:

1. Bintik hitam

Jika Anda sering menemukan bintik hitam di wajah saat merias diri, bisa jadi Anda telah mengalami penuaan dini, terlebih saat usia masih 20-35 tahunan.

Adanya bintik hitam tersebut karena terpapar sinar matahari, apalagi kita hidup di iklim tropis. Adapun paparan sinar matahari langsung ke wajah membuat kulit kita terbakar sehingga menimbulkan bintik-bintik tersebut. Selain itu, polusi udara serta asap rokok juga menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, Anda harus lebih ekstra merawat kulit. Sebab, jika bintik ini dibiarkan dan tidak dilindungi, kita bisa terkena kanker kulit.

2. Garis-garis halus

Tanda penuaan kulit satu ini memang sulit terlihat jika tidak detail meniliknya. Biasanya garis halus ini bisa terlihat di area kantung mata. Jika di usia muda saja Anda terkena ini, maka kerutan akan senantiasa menghiasi masa tua Anda.

3. Pori-pori membesar

Umumnya, hal ini sering terjadi ketika kulit sudah mulai kehilangan elastisitas atau kendur. Pori-pori yang seharusnya kecil, justru telah melebar. Apa penyebabnya?

Gaya hidup tidak sehat bisa menjadi penyebab, seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan jarang makan sayur atau buah. Tak hanya itu, faktor usia dan tekanan serta stress berlebihan juga bisa menjadi penyebab.

Efek dari pori-pori membesar tersebut adalah membuat wajah Anda sering berjerawat dan berkomedo.

Nahh… setelah kenal tanda-tanda penuaan dini, selanjutnya adalah mengenal jenis kulit kita sendiri. Setelah itu, kita bisa menentukan produk apa yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jangan sampai salah pilih produk ya… alih-alih pengin merawat kulit, jadinya malah timbul masalah baru dan ujung-ujungnya produk yang disalahkan hehehe…

Pengin belajar banyak tentang kecantikan kulit, klik disini 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *