Mengenal Wewangian Oriflame

Kalau Anda sudah kenal dengan katalog Oriflame, Anda akan menemukan ada banyakkk sekali wewangian-wewangian yang ditawarkan. Ada wewangian khusus untuk pria, ada juga wewangian khusus untuk wanita. Saking banyaknya lantas bingung pilih yang mana? Karena itu alangkah baiknya kalo kita mengenal wewangian Oriflame secara lebih dekat terlebih dahulu.

Keunggulan Wewangian Oriflame

Seperti halnya wewangian-wewangian dari merk lain, wewangian-wewangian Oriflame juga memiliki keunggulan lho.. Nah, keunggulan dari wewangian Oriflame itu antara lain:

1. 50 tahun keahlian

Perusahaan Oriflame sendiri sudah berusia setengah abad lebih lho…, tepatnya berdiri pada tahun 1967. Nah, setengah abad pengalaman dalam bisnis kecantikan tersebut tentu saja telah memberi wawasan luas dan pemahaman mendalam mengenai apa yang digemari dan diinginkan orang-orang. Wewangian Oriflame dibuat dengan keahlian yang mendalam, dengan memberdayakan orang di seluruh dunia untuk mengekspresikan kepribadian dan keunikan dari pribadi tiap orang.

2. Pemimpin pasar (market leader)

Oriflame ada di antara produsen wewangian terkemuka di dunia yang banyak diminati di lebih dari 60 negara. Oriflame berada dalam daftar lima urutan teratas penjual wewangian terbesar di dunia.

3. Bekerja dengan perfumer terbaik

Dalam membuat wewangian, Oriflame bekerja dengan beberapa master perfumer, seperti Olivier Cresp, Maurice Roucel dan Emilie Copperman. Dalam dunia parfum kelas atas, mereka adalah ikon. Mereka adalah para master di balik wewangian prestisius paling terkenal dunia.

4. Kualitas wewangian prestisius yang telah teruji

Oriflame selalu berusaha untuk memenuhi dan melampaui standar kualitas wewangian prestisius. Bersama-sama dengan perfumer, Oriflame melakukan berbagai uji untuk memastikan kualitas wewangian Oriflame memenuhi standar wewangian prestisius. Pengujian dilakukan dengan panel yang telah terlatih secara profesional dan uji ukur dampak wewangian, difusi dan ketahanan selama 8 jam.

5. Penerima penghargaan di seluruh dunia

Wewangian Oriflame telah memenangkan pilihan pembaca majalah terlaris hingga FIFI Awards yang bergengsi dari organisasi mitra dengan Fragrance Foundation.

Piramida Wewangian Oriflame

“Koq aromanya tajem banget ya?”, biasanya pertanyaan itu muncul setelah seseorang mencoba suatu parfum. Supaya Anda tidak bingung menjawabnya sehingga klepek-klepek karena pelanggan enggak jadi beli, ada baiknya Anda pelajari dulu yang namanya piramida wewangian.

Apa sih itu sebenarnya piramida parfum? Wewangian Oriflame umumnya memiliki tingkatan dan dapat digambarkan seperti piramida dengan tiga tingkatan dari atas ke bawah. Tingkatan ini disebut notes. Kenapa disebut notes? Karena setiap tingkatan aroma akan menimbulkan harmoni aroma yang akan tercium secara berangsur-angsur.

 

Piramida ini merupakan lapisan aroma berdasarkan tingkat waktu penguapan dan jenis aroma yang ditinggalkan. Terdapat 3 lapisan yang sebaiknya kita tahu, yaitu :

1. Top Notes

Aroma pertama ketika sebuah wewangian disemprotkan. Umumnya yang tercium adalah aroma segar seperti floral atau fruity. Aromanya cenderung lebih keras namun cepat menguap.

2. Middle Notes / Heart Notes

Aroma yang muncul setelah aroma pertama menguap. Reaksi middle notes akan timbul setelah 15 menit hingga 1 jam setelah parfum disemprotkan pada kulit tubuh. Heart notes biasanya merupakan kombinasi aroma buah dan bunga yang terkadang diberikan campuran aroma herbal seperti kayu manis, pala, dan kapulaga.

3. Base Notes

Adalah lapisan aroma terakhir setelah aroma lapisan pertama dan kedua menguap. Lapisan ini merupakan aroma dasar yang paling lama penguapannya dan memiliki wangi paling tajam. Aroma yang umumnya sering digunakan adalah cedarwood, sandalwood, vanilla, amber, patchouli, oakmoss, dan musk.

Kategori Aroma Paling Umum

Tahukah Anda bahwa wewangian itu memiliki beberapa macam kategori? Di pasaran, ada 6 aroma yang paling dominan. Demikian juga berlaku pada wewangian Oriflame. Keenam kategori aroma tersebut adalah:

1. Floral

Aroma floral berasal dari bunga-bungaan, seperti wangi mawar, melati, bunga teratai, anggrek, lavender, dan lainnya. Umumnya wangi floral memberi kesan feminin dan manis, karenanya wewangian ini banyak ditemukan pada parfum wanita.

2. Fruity

Aroma fruity berasal dari aroma citrus (jeruk). Aroma ini umumnya memberi kesan bersih, bersemangat, dan muda, seperti wangi perasan lemon, daun jeruk, atau minuman segar. Karenanya aroma ini banyak dipakai pada parfum bertema sportif atau untuk cuaca yang panas.

3. Oriental

Aroma oriental biasanya harum seperti dupa, vanilla, atau rempah. Bayangkan wangi teh yang dihidangkan dalam ruangan yang samar-samar dilewati asap dupa dan tercium rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Aroma oriental ini dianggap misterius, seksi dan menggairahkan.

4. Woody

Aroma woody biasanya diambil dari keharuman kayu-kayu hutan yang segar. Anda bisa membayangkan keharuman pinus, kayu cendana, tembakau, lumut hutan, atau wangi tanah basah yang sangat hangat, berat, dan kering.  Wangi kayu ini mirip dengan wangi oriental namun lebih berat sehingga cocok dipakai dalam suasana yang resmi, di malam hari, atau pada cuaca dingin.

5. Aromatic

Dengan aroma rempah yang kuat, kandungan ini berperan untuk menyegarkan sekaligus memberi kesan hangat aroma parfum. Umumnya banyak digunakan untuk parfum pria.

6. Chypre

Ini adalah arti Prancis dari Cyprus. Beberapa kandungan yang masuk di dalam keluarga ini adalah oakmoss, sandalwood, patchouli, bergamot, dan vetiver.

Sukses Memilih Aroma yang Tepat

Ternyata untuk mendapatkan wewangian yang tepat untuk diri kita itu ada ilmunya lho..  Nah, coba deh ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih dalam suasana netral. Jika Anda ingin mencoba wewangian, maka bebaskanlah tubuh Anda dari aroma lain. Artinya jangan memakai parfum, atau deodoran, atau sabun dengan wangi yang kuat saat mencobanya. Aroma lain akan membuat Anda tidak mampu mencium wangi sesungguhnya dari parfum tersebut.

2. Baca review dan informasi soal parfum di beberapa artikel. Biasanya Anda dapat menemukan review dari pemakai yang menyatakan apakah parfum tersebut tahan lama, apakah wanginya disukai banyak orang, dan dalam kesempatan dan cuaca bagaimana parfum tersebut tepat dipakai. Semakin banyak orang yang memberi review positif, maka kemungkinan besar parfum tersebut memiliki keharuman favorit.

3. Jika masih ragu, bertanyalah pada penjualnya, seri dan merk apa yang paling laku. Ada beberapa parfum yang wanginya sangat unik dan terfavorit sehingga layak untuk dipilih.

Wewangian Disemprotkan Dimana?

Untuk menghasilkan wangi yang maksimal, ternyata tidak bisa sembarangan asal semprot lho.. ‘Kan sayang juga tuh, kalo terbuang percuma karena asal semprot-semprot, padahal harganya lumayan mahal hehehehe.. Apalagi disemprotkan di baju, oooo… jangannnnn!

Jadi ada 8 titik dimana sebaiknya wewangian disemprotkan disitu. Kedelapan titik tersebut adalah:

1. Di balik telinga. Area ini adalah area terbaik untuk mempertahankan keharuman parfum Anda. Pemakaian parfum di belakang telinga juga dapat menghindari resiko menodai aksesori anting dan juga kalung yang dikenakan.

2. Pergelangan tangan. Kuncinya adalah mengaplikasikan wewangian pada area tubuh yang lebih panas seperti titik nadi dan pembuluh darah.

3. Siku tangan bagian dalam. Hawa panas dapat membantu aroma parfum berkembang lebih cepat. Selain pergelangan tangan dan area dalam siku tangan, area leher dan dada dapat menjadi salah satu titik yang tepat.

4. Dada. Oleskan beberapa tetes parfum di tempat ini jika Anda bepergian ke pantai dan berbaring mengenakan bikini.

5. Belakang lutut. Daerah lembut di belakang lutut Anda adalah salah satu dari titik-titik nadi yang sempurna untuk menyemprotkan parfum. Sepanjang hari aroma ini akan menempel di tubuh dan bergerak di sekitar Anda, terutama jika Anda mengenakan gaun. Bagian belakang lutut yang hangat dan lembut dapat menangkap aroma yang kuat.

6. Rambut. Area ini dapat menjadi tempat terbaik untuk menyemprotkan parfum. Helaian rambut yang disemprotkan parfum dapat terus mempertahankan wewangian dengan baik dan meninggalkan jejak wewangian ketika Anda bergerak dari suatu tempat ke tempat lain. Namun alkohol yang terkandung dalam parfum dapat menyebabkan rambut  kering. Cara terbaik menerapkan parfum pada rambut adalah menyemprotkannya dengan kuas atau sisir. Pastikan juga untuk memberikan jarak saat menyemprotkannya.

7. Betis. Jika mengenakan celana pendek atau gaun yang memperlihatkan kaki Anda, semprotkan parfum ke bagian dalam paha dan betis. Gesekan antara kaki Anda saat berjalan akan menciptakan kehangatan dan menghidupkan kembali aroma sepanjang hari.

8. Aksesori (scarf). Sebaiknya, semprotkan parfum pada tubuh sebelum mengenakan pakaian, sehingga aroma dapat menyerap ke kulit. Namun menyemprotkan parfum ke pakaian berbahan wol dan kashmir dapat membantu mempertahankan aroma parfum juga.

Nahhhh… itu tadi kita sudah mengenal wewangian Oriflame, mulai dari keunggulannya, tingkatan aroma, kategori aroma, cara memilih aroma, hingga cara penggunaannya. Gimana? Sudah siap memborong wewangiannya Oriflame? Nanti duluuuu… pasti Anda tertarik dengan memilih wewangian Oriflame berdasarkan karakter dan zodiak ‘kan? Simak di artikel selanjutnya yaaa.. 🙂

Referensi & sumber gambar: 
– Oriflame Indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *