Prinsip 80/20

80-20 paretoApapun profesi kita, sebagai karyawan, manager, business owner, investor, ibu rumah tangga, dai, pelajar, mahasiswa, dan sebagainya. Pada hakekatnya kita adalah pebisnis (karena ada sesuatu yang kita jual), yang wajib secara terus menerus kita tingkatkan profesionalismenya. Tujuannya adalah agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk alam semesta.

Agar kita dapat menjadi pebisnis profesional, maka kita dapat menerapkan prinsip kerja pengungkit. Prinsip kerja ini adalah sebagaimana prinsip kerja 80/20 yaitu mengeluarkan energi 20% untuk menghasilkan output 80% lebih banyak.

Menyadari Kemampuan 20%

Manusia pada umumnya hanya menggunakan kurang dari 5% dari seluruh kemampuannya. Artinya masih ada 95% energinya yang belum dimanfaatkan secara optimal. Apabila kita mampu menggunakan 20% saja energi. Hal ini akan menghasilkan pekerjaan yang sangat luar biasa dahsyatnya.

Aturan 80/20 menyatakan bahwa antara input dan output terdapat hubungan yang sangat erat. Artinya bahwa sekitar 20% dari usaha Anda dapat menghasilkan 80%. Hasil lebih banyak. Belajar untuk mengenali dan kemudian fokus pada yang 20% adalah kunci untuk membuat pekerjaan Anda menjadi jauh lebih efektif dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya.

Berikut ini adalah cara cepat untuk memanfaatkan cara kerja pengungkit:

Perhatikan baik-baik pada pelanggan Anda, 20% dari pelanggan Anda adalah pelanggan yang memberikan pendapatan 80% penghasilan yang Anda terima secara keseluruhan. Mereka adalah pelanggan sejati Anda. Jaga dan rawatlah pelanggan sejati Anda secara istimewa. Tapi jangan lupa menjaga 80% pelanggan lainnya agar mereka tidak kecewa.

Tanyakan pada diri sendiri: “Apa yang benar-benar saya ingin lakukan dengan hidup saya dan waktu saya? Di bagian mana 20% dari pekerjaan saya yang harus saya fokuskan?”

Kekuatan prinsip 80/20 dapat terjadi dalam kehidupan kita. Kekuatan 80/20 memang selalu terjadi dalam kehidupan kita, contoh:

  1. 80% penjualan dari buku yang dijual di suatu toko buku diperoleh dari 20% hasil penjualan judul buku tertentu.
  2. 80% kekayaan di dunia ini dimiliki oleh hanya 20% orang kaya. Sedangkan 20% kekayaan di dunia ini diperebutkan oleh 80% orang miskin.

Hal yang paling menarik adalah 80% hasil pada umumnya diperoleh oleh 20% pekerjaan. Jadi selalu ada sedikit orang tetapi memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan banyak orang. Contoh:

  1. 20% negara yang penduduknya cuma 20% dari populasi dunia, menghabiskan 70% energi, 75% metal dan 85% tembaga.
  2. Hanya 20% bagian dari bumi ini menghasilkan 80% sumber mineral.
  3. Lebih dari 80% makanan, dihasilkan kurang dari 20% tanah di dunia ini.

Prinsip 80/20 bekerja setiap saat dalam kehidupan kita. Artinya. lebih dari 80% kejadian yang ada dalam kehidupan kita, diakibatkan oleh tidak lebih dari 20% penyebab.

Siapapun dapat meningkatkan kehidupannya dengan menggunakan prinsip 80/20. Terapkan prinsip 80/20 dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga kita dapat memperoleh hasil lebih besar dengan menggunakan 20% energi yang kita miliki.

Apabila kita selalu mengerjakan pekerjaan yang mudah, maka lama kelamaan pekerjaan tersebut menjadi sulit. Sebaliknya, apabila kita mengerjakan pekerjaan yang sulit (pada awalnya), maka lama kelamaan pekerjaan tersebut akan menjadi mudah. Artinya kita akan memperoleh hasil yang lebih banyak dengan menggunakan sedikit energi. Hal ini diakibatkan karena dengan mengerjakan pekerjaan yang mendaki dan sukar, kita akan memperoleh kesuksesan. Karena kita yakin dibalik kesulitan tersebut selalu ada kemudahan.

Semuanya adalah pilihan kita sendiri, apakah kita ingin mengerjakan pekerjaan yang sulit pada awalnya, atau mengerjakan pekerjaan yang mudah pada awalnya.

Mengapa hal yang paling sulit menjadi mudah?

Berjalan sejauh 5 km per hari adalah pekerjaan yang paling sulit pada awalnya. Tetapi kalau pekerjaan ini kita lakukan setiap hari, maka berjalan sejauh 5 km bukanlah pekerjaan yang sulit. Jadi lebih mudah mengerjakan sesuatu pekerjaan yang sulit daripada tidak mengerjakan sama sekali pekerjaan yang mudah.

Pergunakan Prinsip 80/20

Pekerjaan yang sulit, lama kelamaan akan menjadi mudah, apabila dikerjakan. Sedangkan pekerjaan yang mudah, lama kelamaan akan menjadi sulit, apabila tidak dikerjakan. Artinya, jauh lebih mudah mengerjakan pekerjaan yang sulit, daripada tidak mengerjakan sama sekali pekerjaan yang mudah.

Karena terbiasa mengerjakan pekerjaan yang sulit, maka pekerjaan tersebut akan menjadi mudah. Sehingga hanya dengan 20% energi saja, kita akan memperoleh hasil 80% lebih banyak. Ini adalah prinsip 80/20. Itu sebabnya kemudahan selalu ada di balik setiap kesulitan.

Prinsip ini apabila kita praktikkan dalam kehidupan kita, maka kehidupan kita akan menjadi lebih menyenangkan, lebih berbahagia dan lebih sehat, karena 20% dari waktu yang kita pergunakan, akan menghasilkan 80% hasil yang lebih baik. Dengan menggunakan prinsip manajemen waktu seperti ini, maka kita tidak lagi dikejar-kejar waktu. 80% sisa waktu kita dapat dipakai untuk mengerjakan pekerjaan lain yang kita sukai.

Ada 2 macam pilihan:

  1. Kita mengerjakan dengan 20% waktu kita, tetapi menghasilkan 80% lebih banyak, atau
  2. Kita mengerjakan dengan 80% waktu kita, tetapi hanya memperoleh 20% hasil saja.

Waktu tidak bergerak dengan kecepatan yang konstan. Waktu bergerak dengan kecepatan mengikuti pergerakan relatif dari emosi kita, perhatian kita dan cara kita memanfaatkan waktu. Itu sebabnya, kadang kita merasa waktu seperti lama sekali alias tidak bergerak sama sekali, sebaliknya kadang merasa cepat, tiba-tiba saja kita sudah menghabiskan waktu kita bertahun-tahun tanpa menghasilkan apa-apa.

Cara kita memanfaatkan waktu sangat tergantung konsep kita terhadap waktu. Kalau kita dapat memanfaatkannya sedikit saja yaitu sekitar 20% saja waktu kita secara tepat, insya Allah kita akan memperoleh hasil yang jauh lebih besar yaitu lebih dari 80%. Sebaliknya, kalau kita banyak membuang-buang waktu, maka 80% waktu yang kita pergunakan hanya akan menghasilkan 20% saja.

Dengan demikian mengapa kita selalu mengeluh: “Ah saya selalu kehabisan waktu, mengapa waktu ini cepat sekali berlalu?”

Sekarang juga, berlatih menggunakan waktu sebaik-baiknya. Kerjakan 2 hari saja dalam seminggu mengerjakan pekerjaan yang paling bernilai bagi kita, maka kita akan memperoleh hasil 160% lebih banyak. Ubahlah hidup mulai saat ini juga, dengan cara memanfaatkan waktu kita sebaik mungkin. Kerjakanlah pekerjaan yang membuat kita senang dan produktif.

Mengapa kita selalu merasa kalau peristiwa yang sangat menyenangkan itu cepat sekali berlalu dan peristiwa yang tidak menyenangkan itu lamaaa sekali, enggak pergi-pergi. Sekarang saatnya kita balik. Jadikan peristiwa yang sangat menyenangkan itu waktu yang kama sekali, dan peristiwa yang tidak menyenangkan itu hanya singkat saja. Dengan menerapkan prinsip 80/20.

Tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah penggunaan waktu saya selama ini telah membuat saya bahagia? Kalau anda belum merasa berbahagia, maka penggunaan waktu anda salah. Cepat perbaiki.

Bagaimana caranya dengan hanya menggunakan 20% waktu kita, tetapi kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan kita? Pergunakan prinsip 80/20, karena kita dapat memperoleh hasil yang sangat luar biasa dengan hanya menggunakan 20% energi yang kita miliki. Prinsip ini telah terbukti sukses dan kita akan menikmati kehidupan yang jauh lebih baik. Syaratnya kita harus fokus dan berkonsentrasi ke dalam pekerjaan yang paling sulit dan paling penting, sehingga akan menghasilkan 80% pendapatan yang lebih besar dan berlimpah.

Sebagaimana sering dijelaskan bahwa untuk membuka pintu rezeki dari Allah, minimal kita sedekahkan 10% dari pendapatan kita. Semakin besar jumlahnya akan semakin baik, karena Allah sendiri yang akan melipatgandakan sampai sebanyak 700 kali. Jadi dengan menggunakan prinsip 80/20 ini sebenarnya kita akan memperoleh hasil yang jauh lebih besar. Rezeki yang akan kita peroleh akan bernilai jauh lebih besar apabila dikeluarkan tanpa melihat kondisi kita apakah pada waktu memiliki uang banyak atau memiliki uang sedikit.

sumber: Majalah DUIT! oleh DR. Freddy Rangkuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *