Serba-Serbi Foundation

Haiii… kita ketemu lagi yaaa…. Kali ini saya akan sharing tentang serba-serbi foundation. Siapa sih yang tak kenal foundation, iya si alas bedak itu. Karena begitu banyak pilihan foundation, sehingga bingung tepatnya pakai yang mana. Karena foundation itu penting jika ingin bermakeup dengan hasil  yang memuaskan. Karena ada teknik-teknik khusus dalam penggunaan foundation agar hasil makeup jadi ‘wow’. Yuk.. kita simak ya…

Apakah tetap perlu menggunakan produk perawatan kulit sebelum mengaplikasikan foundation?

Ya. Setiap orang perlu menggunakan produk perawatan kulit sebelum menggunakan foundation. Kulit adalah kanvas wajah, Anda memerlukan pondasi yang baik untuk ‘mengikat’ warna makeup. Kulit yang lembab dapat membantu mengikat warna makeup.

Melakukan perawatan kulit itu tidak rumit dan tidak sulit koq… Hanya ada 4 langkah dasar dalam melakukan perawatan kulit yang wajib kita lakukan, yaitu:
(1) pembersihan wajah (gunakan pembersih wajah dan toner),
(2) gunakan krim mata,
(3) gunakan serum, dan
(4) gunakan pelembab.

Agar kulit makin terasa halus dan makeup lebih tahan lama, oleskan primer sebelum memulaskan makeup.

Apa guna Primer?

Primer digunakan sebagai ‘base’ sebelum mengaplikasikan alas bedak pada wajah dan bagian kelopak mata Anda. Tak perlu mengaplikasikan primer secara berlebihan untuk mendapatkan riasan yang flawless. Cukup ambil primer sebesar biji kacang dan pulaskan secara merata. Pusatkan pada bagian dahi, pipi, hidung dan dagu.

Bagaimana cara tepat memulaskan Primer?

Saat memulaskan primer, gunakan kuas berbentuk pipih seperti kuas foundation.

Berikut ini beberapa penggunaan primer yang dapat Anda praktekkan:

1. Aplikasikan pada T-zone untuk efek matte.
Ambil sedikit face primer, lalu aplikasikan dengan gerakan menepuk pada area antara alis, samping hidung, dan dagu. Dengan begitu Anda akan terbebas dari masalah kulit berminyak hingga seharian.

2. Mencegah lipstik berantakan.
Apakah Anda seringkali mengalami hal ini yaitu sudah menggunakan lip liner yang berfungsi mengunci riasan bibir, tapi lipstik masih sering smudge atau meluber keluar garis bibir? Nah, cara mengatasinya adalah ambil sedikit primer dan oleskan pada bibir sebelum mengaplikasikan lipstik. Setelah itu Anda dapat memulaskan lipstik seperti biasa.

3. Menebalkan dan memanjangkan bulu mata.
Aplikasikan sedikit primer pada bulu mata Anda sebelum menggunakan maskara sebagai ‘base’, baru setelah itu gunakan maskara seperti biasa.

4. Dasar sebelum menggambar alis.
Hal ini diperuntukkan bagi Anda yang sering mengalami kesulitan ketika menggambar alis, namun belum lama waktu berselang alis mudah pudar dan hilang. Tak perlu bingung, Anda bisa menggunakan primer sebelum menggambar alis. Cukup oleskan secara tipis dan biarkan mengering sesaat, lanjutkan dengan mengaplikasikan produk alis sesuai dengan pilihan Anda.

5. Menyamarkan jerawat.
Benarkah Primer bisa digunakan untuk menutup jerawat dan noda lain pada wajah? Ya, Anda bisa menggunakan primer pada bagian kulit Anda yang berjerawat atau area lain yang ingin Anda samarkan sebelum mengaplikasikan foundation atau concealer. Akhiri dengan menaburkan sedikit bedak yang berfungsi sebagai pengunci.

Bagaimana cara memilih foundation yang benar?

Sesuaikan warna foundation dengan warna kulit wajah dan leher. Saat mencobanya, oleskan 3 pilihan warna pada rahang hingga leher atas. Biarkan beberapa saat. Warna yang ‘menghilang’ pada kulit adalah warna yang tepat untuk Anda.

Sebaiknya, pilih foundation saat siang hari untuk mengandalkan cahaya matahari. Gunakan busana warna putih yang berperan sebagai reflector kulit. Sehingga Anda dapat lebih mudah memilih warna foundation yang tepat.

Bagaimana cara benar mengaplikasikan foundation?

1. Tuangkan foundation pada punggung tangan terlebih dahulu. Gunanya agar foundation dapat menyesuaikan diri dengan suhu tubuh sehingga mudah diserap kulit. Jangan langsung menandai 5 titik wajah dengan foundation.

2. Aplikasikan foundation dengan bantuan kuas foundation berbentuk pipih.

3. Anda dapat menggunakan foundation dengan jemari. Panas tubuh dari jemari dapat membantu foundation meresap lebih cepat. Agar maksimal, sempurnakan dengan bantuan kuas foundation. Sapukan kuas sesuai dengan arah pertumbuhan bulu wajah.

Apa saja contoh foundation yang ada? Adakah bedanya?

Saya mempunyai dua contoh foundation yaitu The ONE Everlasting Foundation Extreme dan The ONE Illuskin Foundation. Lalu apa bedanya dari kedua foundation tersebut?

serba-serbi foundation

The ONE Everlasting Foundation Extreme digunakan untuk memperoleh hasil akhir riasan yang matte. Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal cenderung berminyak akan menyukai dan cocok dengan produk ini.

The ONE Illuskin Foundation digunakan untuk memperoleh hasil akhir riasan yang glowing. Anda yang memiliki jenis kulit wajah normal cenderung kering akan menyukai dan cocok dengan produk ini.

Mana yang benar: Concealer atau Foundation terlebih dahulu?

Oleskan foundation terlebih dahulu kemudian aplikasikan concealer. Foundation berperan sebagai foundation utama setelah penggunaan primer.

Gunakan concealer tepat pada area kulit wajah yang bermasalah, aplikasikan dengan jemari. Untuk hasil lebih sempurna, gunakan kuas khusus concealer.

Apa beda BB Cream dan CC Cream?

BB Cream atau Blemish Balm Cream atau Beauty Balm. Krim bertekstur creamy ini terdiri dari foundation dan moisturizer untuk makeup Anda sehari-hari. Ia lebih kental daripada tinted moisturizer, namun lebih ringan dari foundation. BB Cream memiliki kandungan SPF, pelembab, serta antioksidan dengan tingkat ketebalan medium untuk melindungi kulit dari sinar matahari. BB Cream cocok untuk wanita yang ingin serba praktis.

CC Cream atau Color Correcting Cream cocok untuk Anda yang memiliki masalah seputar noda atau kemerahan di kulit wajah. Jika dibandingkan dengan BB Cream, CC Cream memiliki tekstur yang lebih ringan. Produk ini umumnya juga memiliki tabir surya, pelembab dan antioksidan untuk melindungi kulit. Anda yang memiliki concern kulit wajah seperti kemerahan, warna kulit yang tidak merata, noda hitam dan bekas jerawat, CC Cream bisa dipertimbangkan sebagai alas bedak pilihan.

Apa itu DD Cream?

DD Cream atau Dynamic Do-all, Double Defense atau Daily Defense Cream. Alas bedak yang satu ini bisa dibilang merupakan kombinasi serta perpaduan antara BB dan CC Cream. Fokus utama krim ini adalah anti aging, cocok untuk masalah kulit dengan garis halus dan kerut. Pada umumnya DD Cream juga berfungsi untuk memberi perlindungan untuk kulit, meratakan warna kulit, membuat kulit lebih cerah sehingga sering disebut sebagai satu krim yang multifungsi. Dapat digunakan oleh wajah dan tubuh.

Setelah foundation, produk apa yang harus diaplikasikan: bedak tabur atau compact powder? Bagaimana efek yang dihasilkan?

Tergantung pada hasil akhir yang ingin ditampilkan.

Jika menggunakan bedak tabur, hasil akhir makeup akan lebih halus. Sedangkan penggunaan compact powder akan tampak sedikit lebih tebal.

Compact powder cocok digunakan untuk meretouch rias wajah.

Catatan: Gunakan kuas bedak (Precision Powder Brush) untuk hasil lebih halus. Sponge dapat menjadi pilihan jika ingin riasan tampak lebih tebal.

Apa beda shading luar dan shading dalam?

Shading luar menggunakan produk khusus shading berbentuk krim. Shading berbentuk krim dapat lebih ‘mengunci’ tampilan ilusi wajah yang Anda inginkan. Namun, jika teknik blending tidak rapi, shading akan tampak tidak natural.

Shading dalam menggunakan produk khusus shading berbentuk powder/bubuk. Shading jenis ini lebih mudah diaplikasikan dan cocok untuk pemula.

Catatan penting:

1. Jika tidak memiliki produk shading berbentuk krim, Anda dapat menggunakan foundation warna gelap (2 tingkat lebih gelap dari warna kulit). Baurkan dengan kuas besar Precision Powder Brush.

2. Jika tidak memiliki produk shading berbentuk powder, Anda dapat menggunakan eye shadow warna coklat gelap.

3. Aplikasikan shading dengan bantuan kuas Precision Angled Blush Brush pada bawah pipi. Agar mudah, buatlah bentuk segitiga. Tarik garis mulai dari tengah telinga ke arah sudut samping luar bibir, lalu tarik kembali garis mulai dari batas atas telinga ke arah sudut samping luar bibir.

Bagaimana panduan melakukan shading wajah agar lebih tirus dan berdimensi?

Apakah teknik Contouring, teknik Strobing, dan teknik Baking itu?

Contouring: Penggunaan foundation atau produk shading dengan warna beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulit asli untuk menciptakan bayangan di area tertentu pada wajah (bawah tulang pipi, bawah rahang, sisi hidung). Tujuannya, untuk menciptakan kesan wajah tirus serta simetris.

Strobing: Berfokus pada menonjolkan area yang memiliki posisi memantulkan cahaya seperti tulang dan puncak hidung, tulang pipi, sisi tulang dahi tulang alis mata, dan atas bibir agar wajah segar dan awet muda.

Baking: Teknik “memanaskan” bedak tabur di atas foundation yang sudah diaplikasikan ke kulit. Bedak tersebut dibiarkan pada wajah sekitar 10-15 menit lalu diratakan pada kulit menggunakan kuas. Fungsinya untuk membuat bedak mengendap dan “matang”, sehingga memberi tampilan kulit yang “flawless”.

Tanya & Jawab

Tanya:
Bagaimana cara pemilihan warna foundation dan bedak sesuai warna kulit?

Jawab:
Pilih yang paling mendekati dengan warna kulit masing-masing. Misalnya Anda mencoba 3 warna foundation pada area rahang, tunggu selama beberapa saat, cek kembali dan pilihlah warna foundation yang seolah-olah “hilang” pada kulit. Artinya inilah warna yang menyatu dengan warna kulit kita.

Tanya:
Untuk bedak apakah juga seperti itu caranya?

Jawab:
Untuk bedak, Anda bisa memakai cara di atas, tetapi bisa juga dengan cara berikut: jika sudah memakai foundation warnanya cenderung gelap maka pilih bedak dengan warna satu tingkat lebih terang dan sebaliknya.

Tanya 1:
Untuk kulit saya, sudah memakai foundation yang paling gelap, tetap kurang ngeblend, jadinya keliatan seperti lenong dan tidak nempel. Adakah tipsnya?

Tanya 2:
Saudara saya warna kulitnya gelap. Memakai foundation yang warna paling coklat tetap saja jadinya seperti numpang di wajah. Sebaiknya bagaimana agar warnanya bisa selaras?

Jawab untuk 1 & 2:
Nah ini, saat ini memang belum tersedia foundation untuk tone kulit gelap. Untuk warna natural beige atau warna beige pun masih cukup terang. Salah satu trik, sebenarnya bisa dengan menggunakan eye shadow coklat di area wajah yang diaplikasikan setelah foundation dan kemudian diblend. Tetapi memang perlu latihan supaya hasilnya natural.

Tanya:
Saya pernah mencoba mengaplikasikan foundation dengan kuas, tetapi malah tidak rata dan rasanya di wajah jadi tebal.  Apa karena arah cara menggunakannya salah?
Untuk kulit yang ada bekas jerawat baru, kalau kena foundation atau ditutupi dengan concealer agar warnanya jadi rata, menjadi masalah tidak?

Jawab:
1. Cara mengaplikasikannya ditepuk tepuk pelan, jangan digesek.
2. Arah gerakan kuas searah dengan tumbuhnya rambut-rambut halus di wajah.
3. Tidak usah ditutup foundation, tetapi ditutup dengan concealer saja. Jangan lupa segera membersihkan makeup usai beraktifitas.

Tanya:
Membersihkan foundation itu menggunakan makeup remover atau cukup menggunakan cleansing toner saja?

Jawab:
Memakai cleanser toner sudah cukup. Pastikan benar-benar tuntas membersihkannya terutama jika foundation yang diaplikasikan cukup tebal.
Untuk makeup remover tepat untuk menghapus makeup dekoratif seperti eye shadow, eye liner, maskara.

Tanya:
Saya sudah 1 tahunan tidak pernah memakai foundation, hanya pakai CC Cream saja. Untuk dandan yang full makeup, agar tahan lama, apakah tetap harus digunakan primer dulu sebelum CC Cream ?

Jawab:
Kalau mau lebih tahan lama makeupnya, face primer membantu sekali, baik sebelum aplikasi foundation atau CC cream.

Nah, demikian tadi sharing tentang serba-serbi foundation. Semoga bermanfaat yaa…

sumber: Oriflame

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *