Serba-Serbi Kulit Berminyak

Business & Beauty Oriflame edisi Januari-Februari-Maret 2019 membahas tentang kulit berminyak. Di Indonesia banyakkk sekali kaum perempuan yang memiliki jenis kulit berminyak. Seringkali mereka hadir dengan berbagai permasalahan dibalik kulit berminyak ini. Nah, karena informasi ini sangat bermanfaat dan sewaktu-waktu saya pun membutuhkannya, ga ada salahnya deh saya arsipkan disini. Informasi tentang serba-serbi kulit berminyak ini dalam bentuk tanya jawab dengan narasumber dr. Edy Karta, SpKK.

Serba-Serbi Kulit Berminyak

1. Make-up mudah sekali luntur

Pertanyaan:
Saya hobi sekali menggunakan make-up, tapi terkadang saya merasa tidak puas karena make-up mudah sekali luntur. Apakah ini ciri dari kulit wajah berminyak? Sebenarnya apa saja ciri-ciri kulit berminyak?

Jawaban:
Secara umum ciri-ciri kulit wajah berminyak dapat dilihat dari pori-pori wajah yang tampak besar, wajah yang tampak berminyak dan mengkilap di area dahi hidung dan dagu, memiliki tingkat elastisitas  yang tinggi, sering berjerawat dan banyak komedo, serta kondisi wajah cenderung kusam. Coba perhatikan apakah Anda memiliki beberapa ciri tersebut. Jika ya, maka Anda memiliki jenis kulit wajah berminyak.

2. Terjadinya kulit wajah berminyak

Pertanyaan:
Apakah benar bahwa kulit wajah berminyak bisa terjadi karena beberapa faktor, bukan hanya keturunan?

Jawaban:
Ya. Selain faktor keturunan atau genetik, kulit wajah berminyak disebabkan karena kurangnya istirahat, perubahan hormon, kandungan kosmetik yang kurang tepat, perubahan cuaca yang ekstrem, stress berkepanjangan, serta asupan makanan yang dapat memicu produksi minyak lebih banyak. Sebaiknya hindari faktor-faktor tersebut agar kadar minyak pada kulit wajah dapat berkurang.

3. Pelembab bagi kulit wajah berminyak

Pertanyaan:
Saya merasa tidak nyaman menggunakan pelembab karena kulit saya terlihat lebih berminyak. Seberapa pentingkah penggunaan pelembab pagi dan malam hari bagi kulit wajah berminyak?

Jawaban:
Apapun jenis kulit Anda, penggunaan pelembab pada pagi dan malam hari merupakan ritual langkah dasar perawatan kulit.
Lebih dari sekedar melembabkan kulit, mengaplikasikan pelembab pada pagi hari berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan yang dapat merusak kulit. Jika dibiarkan hal ini dapat mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan di kulit.
Pada malam hari, pastikan Anda mengaplikasikan krim malam (night cream) pada wajah yang telah dibersihkan sebelum tidur. Langkah ini berfungsi untuk membantu menutrisi kulit saat beristirahat.
Baik krim pagi (day cream) atau krim malam (night cream) sebaiknya pilih yang bertekstur ringan seperti lotion atau gel agar nyaman digunakan sepanjang hari.

4. Kebiasaan buruk pemilik kulit wajah berminyak

Pertanyaan:
Apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit wajah berminyak?

Jawaban:
Mencuci wajah terlalu sering. Jika Anda berpikir mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah, maka Anda salah. Mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit semakin kering. Kondisi ini akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak agar wajah tetap lembab. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah tadi semakin berminyak.
Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dan junk food. You are what you eat! Jika sering mengkonsumsi makanan tersebut, jangan heran jika kulit Anda tampak semakin berminyak. Imbangilah asupan gizi dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga hidrasi kulit dari dalam.
Terlalu keras saat mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi penting dilakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Namun, hindari produk eksfoliasi yang teksturnya terlalu keras karena dapat memicu iritasi dan membuat kulit wajah makin berminyak.
Tidak menggunakan pelembab. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab. Hal ini berguna untuk melembabkan kulit wajah dan menyeimbangkan kadar minyak. Pilih make-up dan produk perawatan kulit wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Biasanya produk seperti ini memiliki label oil-free atau matte.

5. Wajah sangat berminyak saat bangun tidur

Pertanyaan:
Kenapa wajah saya sangat berminyak saat bangun tidur padahal belum beraktivitas di bawah sinar matahari?

Jawaban:
Coba ingat kembali, mungkin saja Anda lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal saat Anda tidur, kulit mengalami proses regenerasi yang maksimal. Make-up dan kotoran di wajah yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori di wajah sehingga minyak ikut mengendap hingga pagi hari. Jika dibiarkan, kebiasaan buruk ini dapat memicu masalah kulit seperti jerawat dan iritasi.

Rekomendasi Produk

Produk yang pas untuk pemilik kulit berminyak yang masih malas menggunakan pelembab padahal kulit berminyak juga perlu pelembab adalah Optimals Hydra Matte Set. Dengan memakai produk ini, Anda akan tampil cantik dimana minyak berlebih akan tampak berkurang.

Serba-Serbi Kulit Berminyak
Optimals Hydra Set

Optimals Hydra Matte mengeluarkan dua pelembab terbaru untuk menjawab kebutuhan kulit berminyak.

Sebelum menggunakan pelembab, pastikan Anda menggunakan Optimals Hydra Refreshing Gel Wash All Skin Types untuk membersihkan wajah, kemudian tepuk lembut dengan Optimals Hydra Refreshing Toner All Skin Types, ikuti dengan penggunaan Optimals Hydra Moisture Boosting Serum All Skin Types di seluruh wajah, dan Optimals Hydra Seeing is Believing Eye Cream All Skin Types di area sekitar mata.

Baru deh aplikasikan pelembab sambil melakukan pijatan ringan agar manfaatnya terserap optimal ke dalam lapisan kulit.

Dua pelembab terbaru tersebut adalah:

1. Optimals Hydra Matte Balancing Day Fluid Oily Skin (untuk pagi hari)

Pelembab bertekstur ringan ini mampu membantu melembabkan, menyerap kelebihan minyak, serta menyamarkan tampilan pori-pori. Diperkaya campuran bahan alami dari Swedia seperti White Willow Bark untuk eksfoliasi dan White Nettle yang menenangkan. Vitamin B5 ditambahkan untuk membantu menyerap kelebihan minyak dan Pollution-out Active untuk melindungi kulit dari agresor lingkungan.

2. Optimals Hydra Matte Refining Night Cream Oily Skin (untuk pagi hari)

Krim malam ringan bertekstur gel ini diperkaya White Nettle yang kaya anti-oksidan untuk membantu menjaga kenyamanan pada kulit berminyak dan kulit dengan bekas jerawat. Manfaat dari Witch Hazel juga ditambahkan untuk membantu menyamarkan pori.

Butuh produk perawatan kulit alami?

Silakan hubungi saya:
Wiwin Pratiwanggini | WA: 08156852076
Note: Silakan perkenalkan diri Anda, agar saya bisa langsung mengkonfirmasi Anda.

Atau, isi saja form di bawah ini, nanti saya yang akan menghubungi Anda 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *