Serba-Serbi Lipstick

Siapa sihhh yang tidak kenal dengan “lipstick” ? Wanita sebagian besar pasti pernah menggunakan lipstik. Namun faktanya sebagian besar kaum wanita belum bisa membedakan berbagai jenis lipstik yang ada, sehingga terkadang kesulitan memilih atau menggunakan lipstik yang tepat untuk dipulaskan pada bibir.

JENIS-JENIS LIPSTIK

Jenis-jenis lipstik bisa dibedakan berdasar formulanya. Formula lipstik yang berbeda-beda ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir/tampilan pada bibir. Jenis lipstik berdasar formulanya adalah: Matte, Creamy, Glossy, Sheer, Satin, Shine, dan Lip Liner (pensil bibir) sebagai aplikasi pendukung.

lipstick 1

1. Matte Lipstick

Matte lipstick adalah jenis lipstik yang tidak bersinar. Tekstur matte membuat bibir terlihat tidak glossy dan kontur bibir terlihat, namun pigmen warnanya lebih tahan lama. Matte lipstik dapat membuat efek bibir terlihat lebih kecil dalam warna, baik terang maupun gelap.

Perlu dicatat bahwa lipstik matte cenderung membuat bibir lebih kering karena mengandung formula pelembap yang lebih sedikit. Sehingga, untuk mengaplikasikannya sebaiknya gunakan pelembab bibir (hydrating lip balm) sebelum memakai lipstik matte. Setelah mengenakan pelembab bibir, mulai aplikasikan lipstick matte dari pusat bibir ke perbatasan.

Lipstik matte ada yang berbentuk batangan dan ada yang berbentuk cair (liquid) :

1. Lipstik matte batangan. Keunggulan lipstik matte batangan adalah cara pengaplikasiannya yang mudah, layaknya memakai lipstik biasa. Untuk yang terbiasa menggunakan lipstik setiap hari, memulaskan lipstik matte sambil menyupir atau bahkan tanpa kaca pun tak masalah. Selain itu, daya tahannya lebih lama dibandingkan lipstik biasa.

2. Lipstik matte cair. Keunggulan lipstik matte cair adalah daya tahannya yang lebih lama jika dibandingkan dengan lipstik matte batangan. Ada yang ketahanannya mencapai 12 jam meski dipakai untuk makan dan minum. Formulanya pun menarik. Cair saat dipulaskan di bibir, namun akan cepat mengering dan menghasilkan finishing matte hanya dalam hitungan detik. Sehingga, memulaskan lipstik jenis ini harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, selain cepat mengering, warnanya pun tahan lama dan hanya bisa dihapus dengan penghapus makeup khusus. Perlu latihan dan membiasakan diri agar bisa memulaskan lipstik matte cair ini dengan rapi.

lipstick 2

2. Creamy Lipstick

Lipstik jenis ini memberikan efek menjadikan warna bibir terlihat lebih keluar dan sedikit berkilap. Sebelum mengaplikasikan lipstik krim, gunakan pensil bibir terlebih dahulu. Pensil bibir atau lip liner akan mencegah lipstik belepotan di tepi garis bibir dan dapat digunakan sebagai garis awal sebelum mengenakan lipstik krim. Setelah itu, aplikasikan lipstik dengan kuas, agar pulasan lebih rapi, lebih merata dan tidak berlebihan.

lipstick 5

3. Glossy/Lip Gloss

Ini adalah jenis lipstik yang tidak berpigmen tebal, memberi efek mengkilap atau gemerlap. Dengan menggunakan lipgloss, warna asli bibir masih tetap terlihat. Dan juga efek bibir terlihat lebih penuh/tebal. Bentuk fisik lip gloss ada yang berupa stik/batangan dan ada juga yang berbentuk cair.

lipstick 6 4. Sheer – Satin Lipstick

Sheer lipstick adalah lipstik dengan tampilan semi transparan. Memiliki formula pewarnaan rendah, jadi lipstik yang satu ini menambah warna bibir secara alami. Sheer lipstick dapat digunakan sebagai lip balm karena kualitas pelembabnya dan meningkatkan warna alami dari bibir atau menambahkan sedikit warna berbeda untuk bibir. Tampilannya hampir mirip seperti lipgloss, hanya saja memiliki warna yang tidak berlebihan. Cocok digunakan jika tidak menyukai warna bibir yang mencolok/berlebihan. Lipstik ini membantu supaya tampilan wajah tidak pucat. Pilih warna yang paling mendekati warna bibir supaya terlihat natural.

Satin lipstick, punya kandungan pelembab yang tinggi dan lembut, sehingga selain memberi efek warna yang cantik, juga dapat mengatasi masalah bibir kering. Kelebihan lain dari jenis lipstik satin adalah tidak lengket dan pigmen warnanya lebih banyak dibanding sheer lipstik. Bentuk fisiknya relatif sama seperti lipstik batang yang lain.

lipstick 7

5. Shine Lipstick

Adalah lipstik yang berkilau memantulkan cahaya dan membuat bibir tampak mengkilap. Karena efek bibir yang mengkilap maka bibir akan terlihat lebih besar. Sebaiknya dipakai pada bibir yang cenderung kecil. Yang perlu diperhatikan dalam memakai shine lipstik adalah hindari mengaplikasikan lipstik jenis ini pada bibir yang pecah-pecah karena semua celah-celah dan pecah-pecah kulit bibir akan semakin terlihat jelas.

lipstick 8

6. Lip liner

Pencil lipstik atau disebut juga dengan lip liner. Bentuk fisiknya mirip pensil, dan berfungsi untuk menggambar bentuk luar bibir sebelum dipulaskan lipstik yang sesungguhnya. Pensil bibir ini fungsi utamanya bukan sebagai lipstik, melainkan membentuk bagian pinggir bibir. Tetapi, pensil bibir dapat diaplikasikan ke seluruh bagian bibir jika ingin mendapatkan efek lipstik lebih matte atau dapat membuat lipstik lebih awet/tahan lama.

MEMILIH LIPSTIK BERDASARKAN WARNA KULIT

Tidak semua warna lipstik cocok untuk Anda. Berikut panduan dalam memilih lipstik berdasar warna kulit:

lipstick 9Kulit Fair/Cerah/Putih Pucat :

Pilih lipstik dengan warna dasar nude, coklat kemerahan, merah berry, merah anggur pink muda, caramel.

Kulit Medium/Asian Skin/Kuning Langsat :

Pilih lipstik dengan warna dasar merah tua, merah kecoklatan, caramel tua, coklat nuansa pink, pink tua, pink kecoklatan, nude kecoklatan.

Kulit Medium Deep/Gelap/Sawo Matang :

Pilih lipstik dengan warna dasar merah tua kecoklatan, coklat gelap, berry, plum dan rose.

TIPS MENGETES KECOCOKAN WARNA LIPSTIK

Sebelum membeli, tes dulu warna lipstik – jika terdapat tester, oleskan ke bibir dengan ujung jari. Jika Anda merasa tidak higienis untuk mencoba lipstik tester yang bekas dipakai orang lain, oleskan saja di kulit tangan antara telunjuk dan jempol. Warna kulit disitu lebih mendekati warna bibir Anda. Rasakan juga tekstur lipstik yang Anda coba. Jika menginginkan bibir tampak tipis, bisa memilih lipstik bertekstur matte. Sebaliknya, jika ingin bibir tampak penuh bisa memilih yang shimmer dan glossy.

lipstick 10Pilih warna 1 atau 2 tingkat lebih gelap daripada bibir Anda. Hal ini untuk menghindari kesan pucat atau tidak merata ketika lipstik dioleskan ke bibir.

Pastikan bibir Anda bersih terlebih dulu. Hal ini perlu untuk memastikan warna yang Anda coba tidak tercampur dengan sisa pewarna yang dipakai sebelumnya. Teman teman dapat menggunakan lip balm yang transparan (tidak berwarna).

Usahakan wajah bersih dari make up, terutama make up deokratif yang berwarna seperti eye shadow dan blush on. Supaya warna lipstik yang akan Anda coba bisa tampak dengan jelas, tidak tertutup oleh warna riasan lain.

Cari yang paling mendekati warna bibir. Jika Anda tidak yakin dengan pilihan warna yang ada. Ini berguna untuk Anda yang ingin “bermain aman”, ingin tampil lebih natural tanpa bereksperimen dengan warna yang macam-macam. Bibir berwarna lebih gelap di sepanjang garis bibir hingga ke tepinya, dan mengarah ke bagian tengah warnanya semakin muda. Pilih warna paling gelap di bagian tengah bibir.

TREN OMBRE LIPS

Ditahun 2017 ini, untuk Anda yang lebih menginginkan kebebasan berekspresi atau bosan dengan tampilan lipstik yang itu-itu saja, bisa mencoba salah satu tren lipstick yaitu Ombre.

lipstick 11

Tren ombre lips atau gradasi warna, adalah dengan memadukan dua warna favorit sekaligus. Selain membuat Anda terlihat segar seketika, memadukan warna dengan cara ini juga dapat membuat tampilan bibir terlihat natural serta lebih berdimensi.

Caranya mudah, sapukan warna yang lebih gelap terlebih dahulu, lalu aplikasikan warna yang lebih muda atau terang hanya di bagian tengah bibir saja. Baurkan dengan kuas untuk mendapatkan efek gradasi yang diinginkan.

Demikian informasi tentang serba-serbi lipstik, semoga bermanfaat yaaa..

sumber ilmu: Beauty Advisor Oriflame Yogyakarta

Pengin dapat ilmu-ilmu kecantikan dari Oriflame?

Jika Anda belum jadi konsultan Oriflame dan ingin tahu lebih lanjut, silakan hubungi saya:
Wiwin Pratiwanggini
WA: 08156852076 | BBM: 535D75E6 | TG & IG: @pratiwanggini
Note: Silakan perkenalkan diri Anda, agar saya bisa langsung mengkonfirmasi Anda.

Atau, isi saja form di bawah ini, nanti saya yang akan menghubungi Anda ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *