Sharing Member: Never Give Up – Errika Ratna Alifia

Tanggal 04 Juli 2016 yang lalu salah satu Senior Manager di jaringan bisnis Oriflame saya yaitu Errika Ratna Alifia, seorang arsitek dan kontraktor serta ibu rumah tangga 2 anak, berbagi pengalamannya berbisnis Oriflame. Kita simak yaa…

errikaSaya Errika Ratna. Ibu dari 2 orang putra, Raka 5,5 tahun dan Refandra 2,5 tahun. Domisili di Karanganyar, sebuah kota kecil dekat Solo. Selain ngerjain Oriflame, saya juga berprofesi sebagai Arsitek + Kontraktor.

Saya join Oriflame di Februari 2012. Ingat banget waktu itu saya lagi baca statusnya seorang kakak kelas saya. Dia bikin status tentang Oriflame d’BC Network. Trus mulailah saya googling pake keyword itu. Nemu banyak blog  tentang Konsultan Oriflame. Saya banyak baca dari blognya mba Doris Aminah Nasution, Mba Eka Satriana.  Singkat cerita saya akhirnya googling pake keyword “Oriflame Jogja Solo”… dannn saya nemulah webnya mba Wiwin. Trus nge-inbox mba Wiwin di FB nya. Hihihi… mau tau saya nge-inbox-nya gimana? Saya screenshoot ya… hihihi..

Screenshot 2016-08-18 17.18.51

Udah baca? Asikkk yaaa kalau dapat prospek kayak gini. Menyerahkan dirinya buat join Oriflame. Jadi saya nge-inbox mba Wiwin akhir Januari, trus 2 hari langsung kirim data + transfer. Pertama kali langsung beli katalog 10 pcs di awal. Trus di tengah bulan beli lagi 20 pcs.

Mindset saya waktu gabung memang buat cari uang. Cari duit. Dannnn…DULU SAYA GA BISA JUALAN tapi nekat aja sih beli katalog 10 biji. Kebetulan Mama saya jago jualan. Saya kasihkan Mama saya. Hihi… dapet orderan 100 BP waktu itu dari temen-temennya mama. Trus saya nanya ke mba Wiwin tentang Success Plan. Dan akhirnya lanjut 200 BP beli produk buat diri sendiri. Bulan pertama gabung 3%, senenggg banget dapet bonus Rp 51 ribu.

Trus apa perjalanan saya mulus? Berapa lama saya bisa mencapai Senior Manager 21%? Sempet stuck ga?

Tahun 2013 sempet stuck di level Manager 15%. Lamaaa banget, naik turun. Bongkar pasang coreteam. Banyak di PHP-in downline. Ada downline yang ngamuk-ngamuk tersinggung. Ditinggal downline. Dimarahin sama suaminya downline (hihihihi). Sempet ditegur mba Nadia Meutia karena downline melakukan pelanggaran kode etik. Banyak banget pengalamannya.

Saya meraih level Senior Manager di Desember 2014. Berarti hampir 2 tahun 10 bulan sejak saya join. Lama ya??? Iyaaaa lama banget. Temen-temen insyallah bisa lebih cepat yaaa

Salah satu pengalaman luar biasaaa ketika dikasih reward dari Oriflame untuk datang ke Director Seminar di Bandung 2015. Ketemuan sama leader-leader keren. Hihi… bisa pepotoan sama Top Leader seperti mba Nadia Meutia ini. Asyikk banget pokoknya. Seminar full gizi dari pagi ampe sore. Temen-temen insyallah kita ketemuan yaaa di Director Seminar Bali 2017 yaaaa

never give up

Nah… dari Senior Manager di Desember  2014 berarti 2015 dah jadi Director donk ya saya???  Sayang sekali tidak temen temen. Allah SWT punya rencana lain untuk saya. Apa itu??

Di tahun 2015, jaringan saya pelan-pelan mulai hilang. Di Januari 2015 saya turun ke Level 18%. Setiap bulan terusss turun omzet grup. Waktu itu sampai di titik terendah, saya drop tinggal level 12%.  Jadi temen-temen bisa bayangin, di AR saya ada 150-an orang, tapi yang order cuma tinggal 10% nya aja. Dari poin grup 10.000 BP, cuma tinggal 2400-an BP. Dari bonus Rp 5 jutaan, cuma tinggal Rp 900 ribuan. Pahit???? Iyaaaaaaa banget. Rasanya kayak minum JAMU.

Tahun 2015 adalah tahun dimana saya BANYAK MEMPERBAIKI DIRI.  Saya jadi belajar lagi apa itu TEAMWORK. Work as a Team. Bagaimana menghargai downline. Bagaimana MEMBANGKITKAN sisi terbaik dari downline. Bagaimana terus memegang IMPIAN dan bangkit lagi.

Apa yang saya lakukan waktu itu? Ketika JATUH dan kita ingin BANGKIT, maka SAYA sendirilah yang harus memulai.  Alhamdulillahhhh… Saya dipertemukan dengan crossline-crossline yang luar biasa. Saya ikut prospecting offline barengan temen-temen crossline yang bukan jaringan saya. Saya ikutan acara acaranya SM Up Solo. Dimasukin ke Grup WA mereka. Ikut arisan tiap bulan. Ikut jadi panitia kalo ada training. Ikutan trainingnya Pak Arif Rh barengan sama temen-temen SM Up Solo. Dari situlah saya mulai pede untuk bangkit lagi. Timbul lagi SEMANGAT.

Errika dengan SPO Customer
Errika dengan SPO Customer
Errika dengan crossline
Errika dengan crossline
Errika OOM
Waktu mengisi acara di OOM SM Up Solo

Saat jauh dari upline, maka berkunpul dengan temen-temen Oriflame lain walo bukan jaringan kita adalah penting banget. Karena kita bisa bertukar pemikiran dan saling menyemangati.  TOGETHERNESS!!!

Alhamdulillahhhh. JUNI kemaren saya kembali ke Level Tertinggi saya Senior Manager. Insyallah dengan kondisi yang jauh lebih baik daripada di tahun 2014.

Errika Ratna Alifia – Karanganyar
WA. 081329907049 | FB: Errika Ratna

Sharing is caring… :-)

Jika Anda belum jadi konsultan Oriflame dan ingin tahu lebih lanjut, silakan hubungi saya:
Wiwin Pratiwanggini
Call/SMS/WA: 08156852076 | BBM: 535D75E6
Note: Silakan perkenalkan diri Anda, agar saya bisa langsung mengkonfirmasi Anda.

Atau, isi saja form di bawah ini, nanti saya yang akan menghubungi Anda ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *